Sukses

Polisi-Polisi Mamuju Tiap Hari Temui Warga, Adakah yang Tertular Covid-19?

Tes usap massal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para anggota polisi. Karena polisi merupakan salah satu garda terdepan dalam penangananan Covid-19.

Liputan6.com, Mamuju Tengah - Demi mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan anggota Polri, Polres Mamuju Tengah, Sulawesi Barat menggelar tes swab massal. Beberapa waktu lalu, muncul sebuah klaster penyebaran Covid-19 di Mamuju Tengah, 22 orang terpapar dari klaster itu.

Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Zaky mengatakan, tes usap massal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para anggota. Karena polisi merupakan salah satu garda terdepan dalam penangananan Covid-19, yang tetap mengemban tugas dalam kondisi apa pun.

"Ini adalah salah satu metode mendeteksi penyebaran Covid-19," kata Zaki kepada Liputan6.com, Selasa (3/11/2020).

Zaky menambahkan, swab massal pada Selasa, 3 November 2020 ini merupakan yang kedua kalinya. Sehari sebelumnya, kurang lebih 50 personel mengikuti kegiatan ini. Untuk hari ini jumlah personel yang mengikuti swab massal kurang lebih sama, sehingga total mencapai 100 personel.

Zaky mengungkapkan, swab massal juga dimaksudkan untuk mengetahui kondisi kesehatan personel sebelum bertugas. Apa lagi mereka setiap hari bertemu langsung dengan masyarakat, sehingga kondisi mereka harus benar-benar prima.

"Untuk mengetahui apakah personel benar-benar sehat atau tidak. Apa lagi mereka juga bertugas untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat," kata Zaky.

Karena itu, Zaky bergarap, tidak ada anggotanya yang terpapar Covid-19. Selama ini, mereka sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah. Setelah menjalani swab massal, para personel diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan sebelum hasil swab keluar.

"Saya berdoa kepada Tuhan semoga personel semuanya diberikan kesehatan dan kekuatan dalam pelaksanaan tugas serta tetap semangat melayani masyarakat," dia memungkasi.

Hingga 3 November 2020, jumlah kasus Covid-19 di Mamuju Tengah menyentuh angka 76 kasus, 47 kasus sembuh, 27 kasus menjalani perawatan dan 2 kasus meninggal dunia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.