Sukses

Petani di Siborong-borong Sumut Tak Sengaja Temukan Mortir Saat Mencangkul

Kehebohan mewarnai penemuan mortir di Siborong-borong, tepatnya di Dusun Lumban Pea, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Mortir diduga peninggalan Perang Dunia II ditemukan tidak sengaja oleh seorang petani di areal perladangan.

Liputan6.com, Siborong-borong Kehebohan mewarnai penemuan mortir di Siborong-borong, tepatnya di Dusun Lumban Pea, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Mortir diduga peninggalan Perang Dunia II ditemukan tidak sengaja oleh seorang petani di areal perladangan.

Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi mengatakan, mortir tersebut ditemukan petani bernama Syamsir Hutasoit (33) pada Minggu, 1 November 2020. Syamsir yang sedang mencangkul di ladangnya menemukan benda aneh berupa mortir.

"Temuan tersebut disampaikan Syamsir kepada warga lainnya yang berada di dusun tersebut, kemudian diteruskan kepada pihak kepolisian, dan ke kita," kata Daud, Selasa (3/11/2020).

Diterangkan Daud, saat itu temuan mortir, cangkul yang digunakan Syamsir tiba-tiba tersangkut besi panjang menyerupai ubi kayu. Syamsir sempat kebingungan menemukan benda tersebut, yang belakangan diketahui sebuah mortir.

"Syamsir kemudian membawa pulang mortir tersebut, dan meletakkannya di belakang rumah," terangnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sterilisasi dan Pendisposalan

Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut yang mendapat informasi langsung turun ke lokasi untuk sterilisasi. Tidak hanya sterilisasi, Tim Jibom yang turun ke lokasi penemuan mortir juga langsung melakukan pendisposalan.

"Pendisposalan dilakukan pukul 13.00 WIB tadi. Lokasi (pendisposalan) tidak jauh dari lokasi penemuan mortir," Daud menuturkan.

3 dari 3 halaman

Penemuan Sama 5 Bulan Lalu

Penemuan mortir diduga sisa Perang Dunia II juga sempat menghebohkan warga Aek Huta, tepatnya di Dusun Bandar Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut. Mortir juga ditemukan di areal perladangan pada 31 Mei 2020 lalu.

Mendapati mortir tersebut, warga yang tidak mau terjadi sesuatu, selanjutnya melaporkan penemuan tersebut ke pihak Satuan (Sat) Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sumut.

"Mendapat laporan dari masyarakat, tim bergerak langsung ke lokasi temuan," kata Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi.

Daud menuturkan, personel Unit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut yang dipimpinnya tiba di lokasi temuan mortir, dan sempat berkoordinasi dengan Polsek Purba, terkait temuan mortir.

"Selanjutnya dilakukan disposal terhadap temuan mortir, yang diduga peninggalan Perang Dunia II," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.