Sukses

Viral Penipuan Seret Nama Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

Nama Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya dijadikan orang tidak bertanggung jawab, untuk melakukan penggalangan dana. Uang hasil galang dana nantinya diberikan ke pondok pesantren (ponpes) dan yayasan yang membutuhkan.

Liputan6.com, Lebak - Nama Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya dijadikan orang tidak bertanggung jawab, untuk melakukan penggalangan dana. Uang hasil galang dana nantinya diberikan ke pondok pesantren (ponpes) dan yayasan yang membutuhkan.

Iti mengunggah potongan layar percakapan pesan elektronik ke akun resmi instagram nya @viajayabaya. Dalam unggahan itu, Iti Octavia Jayabaya 'KW' mengawali percakapan dengan ucapan salam.

Kemudian percakapan dibalas seseorang bernama Risa, dari Rumah Yatim Cabang Pondok Kelapa. Percakapan selanjutnya, nomor palsu itu mengaku sebagai Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak yang akan menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes.

Dalam keterangannya, Iti menulis agar masyarakat berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan dirinya untuk penggalangan dana. Bupati Lebak membenarkan potongan layar yang diunggahnya tersebut.

"Hati-hati penipuan mengatasnamakan saya (Iti Octavia Jayabaya). Pemerintah tidak pernah menghubungi siapapun untuk penggalangan dana. Informasi yang dikeluarkan bukan melalui akun atau institusi resmi, dipastikan hoak," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Minggu (01/11/2020).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Warganet

Dia mengaku akan melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian. Iti belum mengetahui apakah sudah ada korban penipuan yang mengatasnamakan dirinya itu.

Dia meminta masyarakat tidak mudah percaya jika ada yang mengatasnamakan dirinya. Jika ada yang mengaku sebagai Iti Octavia Jayabaya, korban bisa melapor ke pihak kepolisian atau mendatangi Pemkab Lebak untuk mengklarifikasinya.

"Nanti sambil di kroscek, kemungkinan bisa dilaporkan. Kepada siapapun yang menerima berita atau informasi palsu tersebut untuk tidak mempercayai dan melaporkan ke Pemkab Lebak atau aparat penegak hukum," terangnya.

Hingga berita ini ditulis, setidaknya postingan itu mendapatkan 1.472 like netizen dan 44 komentar. Rakyat net pun memberikan komentarnya, seperti akun @sitinurulhidayaah, "Wakakakak yakaliii Bu @Viajayabaya minta sumbangan. Suka lucuk ih. Lacak aja Bu,".

Kemudian akun @triowijaya3320, "kebangetan bet dah itu orang. Jangan usik pemimpin kami,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.