Sukses

Libur Panjang, KAI Divre I Sumut Operasikan 32 Perjalanan Kereta Api

Pada momentum libur panjang Maulid Muhammad SAW sekaligus cuti bersama tahun ini, PT KAI Divre I Sumut mengoperasikan 32 perjalanan kereta api (KA) periode 27 Oktober hingga 1 November 2020.

Liputan6.com, Medan Pada momentum libur panjang Maulid Muhammad SAW sekaligus cuti bersama tahun ini, PT KAI Divre I Sumut mengoperasikan 32 perjalanan kereta api (KA) periode 27 Oktober hingga 1 November 2020.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono mengatakan, 32 perjalanan KA tersebut yakni Sri Lelawangsa relasi Medan-Binjai sebanyak 24 KA Pulang-Pergi (PP). Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai sebanyak 6 KA PP, dan Siantar Ekspress relasi Medan-Siantar sebanyak 2 KA PP.

"Ada 6.300 tempat duduk yang disediakan setiap harinya, sehingga masyarakat yang hendak bepergian tidak perlu khawatir kehabisan tiket," kata Mahendro, Kamis (29/10/2020).

Dijelaskannya, total ada 60.300 tiket kereta api yang disediakan pada periode keberangkatan 25 Oktober hingga 2 November 2020. Dari jumlah tersebut sudah terjual sebanyak 20 persen atau sebanyak 12.205 tiket.

"Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan angkutan KA, dapat melakukan pemesanan maupun pembelian melalui aplikasi KAI Access sebagai aplikasi resmi," jelasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Penumpang

Selain itu, pembelian tiket juga dapat dilakukan di stasiun yang dibuka pada saat 3 jam sebelum keberangkatan kereta api. Melalui data pemesanan tiket per 27 Oktober 2020 menunjukan, angka tertinggi untuk keberangkatan terjadi menjelang momentum libur panjang, Selasa 27 Oktober 2020.

"Pada momen itu sebanyak 2.891 penumpang. Angka tersebut meningkat 18 persen jika dibandingkan minggu lalu yang hanya sebanyak 2.447 penumpang," sebutnya.

Diungkapkan Mahendro, data tersebut masih dapat berubah, mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan.

"Mengantisipasi lonjakan penumpang KA yang meningkat, kita tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan Covid-19, baik di area stasiun dan di atas kereta," Mahendro mengungkapkan.

3 dari 3 halaman

Prosedur Pencegahan Covid-19

Prosedur pencegahan Covid-19 seperti pemeriksaan kondisi tubuh calon penumpang ketika memasuki stasiun kereta api. Pembatasan okupansi penumpang maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

Juga melakukan ppembatasan jarak antar penumpang baik di area stasiun maupun diatas KA, pemeriksaan kondisi tubuh penumpang secara berkala di atas KA, dan petugas aktif memastikan penumpang selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di lingkungan stasiun maupun di atas KA.

Untuk menunjang protokol kesehatan tersebut, PT KAI Divre I Sumut juga telah menambah sejumlah fasilitas pencuci tangan, ketersediaan cairan antiseptik dan pemasangan batas jarak fisik disejumlah area pelayanan.

"Setiap 30 menit sekali, seluruh fasilitas di stasiun dan kereta juga dilakukan proses pembersihan menggunakan disinfektan," Mahendro menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.