Sukses

Poltekpar Palembang Lirik Sport Tourism Jadi Program Studi Baru

Poltekpar Palembang bersiap mengembangkan pendidikannya dengan mengusulkan prodi baru yaitu Sport Tourism.

Liputan6.com, Palembang - Kesuksesan Asian Games 2018 dan beragam event olahraga internasional lainnya yang digelar di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), membuat potensi sport tourism terus digaungkan.

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang pun sudah melirik potensi sport tourism ini, untuk dijadikan program studi (prodi) baru bagi calon mahasiswanya.

Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap mengatakan, tahun 2021 mendatang mereka akan mengusulkan dua prodi baru untuk menambah pilihan pendidikan di Poltekpar Palembang.

“Untuk prodi sport tourism akan diusulkan tahun depan, dengan jenjang Diploma-IV. Salah satu alasannya, karena Palembang sudah menjadi destinasi wisata olahraga tingkat dunia,” ucapnya, Rabu (28/10/2020).

Prodi baru tersebut diyakininya bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terutama yang memahami potensi sport tourism di Sumsel.

Selain prodi sport tourism, Poltekpar Palembang juga akan membuka prodi baru yaitu Managemen Pasiteri dengan jejang pendidikan Diploma-III.

Poltekpar Palembang yang berbasis pendidikan vokasi, saat ini sudah mempunyai empat prodi. Yaitu Seni Kuliner, Divisi Kamar, Tata Hidang dan Pengelolaan Konvensi dan Acara.

Bahkan Poltekpar Palembang menggelar wisuda perdana secara daring, pada hari Selasa (27/10/2020), dengan total wisudawan dari D-III dan D-IV sebanyak 274 orang.

“Sesuai arahan Kementrian Pariwisata (Kemenpar), di masa pandemi Covid-19 seluruh Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTPN) mewajibkan wisuda daring. Beberapa lulusan terbaik dari perwakilan prodi, mengikuti wisuda offline,” katanya.

 

Menurutnya, para wisudawan Poltekpar Palembang kini sudah terserap di berbagai sektor industry pariwisata, baik di dalam maupun luar negeri. Sisanya memilih menjadi wirausahawan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Predikat Terbaik

Untuk meningkatkan fasilitas pendidikan bagi mahasiswanya, Poltekpar Palembang akan membangun gedung hotel dengan jumlah 101 unit kamar. Hotel tersebut juga akan menjadi laboratorium praktek mahasiswa Poltekpar Palembang.

“Memasuki tahun ke-4, Poltekpar Palembang membuktikan beberapa pencapaian. Salah satunya, semua prodi sudah terakreditasi BAN-PTN dengan predikat terbaik. Kurikulum yang kami gunakan juga berskala Asean,” katanya.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan di Pemprov Sumsel Ahmad Najib menuturkan, Pemprov dan masyarakat Sumsel bersyukur dengan hadirnya Poltekpar Palembang.

“Ini memiliki tujuan besar menciptakan SDM besar yang unggul, dengan tetap mengedepankan pembangunan untuk Sumsel,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.