Sukses

Sulteng Catat Rekor Kasus Covid-19 Harian Terbanyak

Sulawesi Tengah catat rekor jumlah kasus Covid-19 baru harian terbanyak sejak Maret 2020.

Liputan6.com, Palu - Sulawesi Tengah mencatat rekor jumlah kasus Covid-19 baru harian terbanyak sejak Maret 2020. Penambahan jumlah kasus itu terjadi pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Terkait hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, Jumriani Yunus mengatakan, 39 kasus Covid-19 baru ditemukan pada Selasa, 20 Oktober, berdasarkan hasil uji sampel yang diperiksa di laboratorium kesehatan di Kota Palu dan Makassar. Kasus konfirmasi positif terbanyak harian di Sulteng sebelumnya hanya 31 kasus.

"Itu berdasarkan 600 sampel yang diperiksa. Sekitar 5 persen yang positif per tanggal 20 Oktober," katanya.

Dia membeber penambahan konfirmasi positif terbanyak berasal dari Kabupaten Sigi, yakni 15 kasus.  Selain itu Kota Palu 9 kasus, Tojo Unauna 1 kasus, Banggai 1 kasus, Morowali Utara 6 kasus, dan Kabupaten Poso 7 kasus.

Jumriani mengingatkan peningkatan temuan kasus secara signifikan itu juga membuktikan penyebaran Covid-19 di Sulteng masih mengkhawatirkan. Terlebih jika perilaku masyarakat tidak berubah dan masih tak peduli protokol kesehatan.

"Sangat menghawatirkan. Beberapa kabupaten di Sulteng malah sudah transmisi lokal. Olehnya kami terus mengimbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan, tetap pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangah. Terutama di tempat umum, katanya menambahkan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.