Sukses

Bocah Penderita Kelainan Pigmen Kulit Asal Rembang Butuh Uluran Tangan Dermawan

Ratna Maya sejak lahir mengalami kelainan pigmen kulit

Liputan6.com, Rembang - Perjuangan anak perempuan penderita kelainan pigmen kulit, Ratna Maya, untuk bertahan dari rasa sakit, sungguh membuat hati teriris. Bahkan yang melihatnya tak terasa meneteskan air mata.

Namanya Ratna Maya, dan baru berusia 5 tahun. Dia putri bungsu dari tiga bersaudara, anak pasangan Eko Mustofa dan Sri Rahayu.

Eko Mustofa asli warga Desa Weton, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah kini tinggal di Jalan Bambu Hitam Gg. Mild No. 74 RT 04 RW 01 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, karena sedang mengadu nasib bekerja di Ibu Kota.

Ratna Maya sejak lahir mengalami kelainan pigmen kulit. Sebagian kulitnya putih, namun sebagian lainnya berwarna hitam seperti melepuh.

Di bagian punggung, bahkan semua sudah menghitam dan muncul benjolan di pundak sisi kiri yang harus dioperasi pada bulan Maret lalu. Kondisinya semakin parah, karena terdapat luka di punggung. Tiap tiga hari sekali mesti dibalut perban steril. Sekali ganti perban, rata-rata membutuhkan biaya Rp 300 ribu.

Minggu siang (04 Oktober 2020), Sri Rahayu, sang ibunda menceritakan bahwa di Jakarta saat ini masih diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga belum bisa merawat anaknya ke rumah sakit.

Apalagi ruang anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, sekarang beralih fungsi menjadi ruang isolasi pasien anak yang terpapar Covid-19.

Dia terpaksa meminta bantuan rekannya yang berprofesi sebagai perawat untuk rutin mengganti perban. "Biasanya dikasih madu dulu, kemudian baru diperban mas," ujarnya saat dihubungi melalui ponsel.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggalangan Dana

Ketika kulit berkeringat dan memicu rasa gatal, saat itulah Ratna mulai kesakitan. Untuk tidur pun susah. Tak heran, bocah ini setiap saat selalu berdekatan dengan kipas angin, sekedar mengurangi rasa sakit.

"Dik Ratna belum sekolah, karena kondisi kesehatannya seperti itu. Tapi hasrat ingin bersekolah sangat tinggi, ia sering tanya sama saya kapan disekolahkan," dia menuturkan.

Tiga hari sekali, keluarga ini harus mengeluarkan biaya Rp300 ribu. Angka yang tak sedikit untuk keluarga ini. Ia dan suami hanya bekerja sebagai pegawai honorer di panti anak, dengan gaji pas-pasan untuk menyambung hidup sehari-hari.

"Terpaksa gali lubang tutup lubang tiap bulan. Semua demi kesembuhan anak saya," ucap Sri, lirih.

Meski cukup berat melewati masa-masa sulit ini, Sri dan suami tak menyerah. Memang kadang kala rasa sedih menggelayut tatkala melihat sang buah hati tak bisa bebas bergerak. Makanan pun banyak pantangan yang harus dihindari.

Sebagai ibu, Sri sering menangis. Namun ia lebih memilih menyendiri di dalam kamar, supaya anak-anaknya tidak tahu.

“Kalau saya di depan anak-anak, harus tetap tampil happy, biar mereka juga semangat. Mbah-mbahnya dari Weton, Rembang juga ke sini ikut bantu nunggui," ungkapnya.

Karena ikut merasakan penderitaan Ratna Maya dan keluarga, ada seorang rekannya, sama-sama berasal dari Kabupaten Rembang yang berinisiatif menggalang dana, untuk biaya pengobatan Ratna.

Dia memohon kepada kaum dermawan yang ingin membantu, bisa menyalurkan donasinya ke nomor rekening Bank Mandiri 1150007312921 atas nama Winanto.

Paling tidak bantuan tersebut dapat meringankan perjuangan Ratna bertahan hidup dari kelainan pigmen kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.