Sukses

Kepedulian Sesama Bangkitkan Asa Bocah Difabel Yesi Ndun

Setelah memberitakan kondisi Stenly Yesi Ndun, bocah difabel di Desa Tuapanaf RT 006/RW 003 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan NTT Peduli menggalang bantuan bagi bocah tujuh tahun ini.

Liputan6.com, Kupang - Setelah memberitakan kondisi Stenly Yesi Ndun, bocah difabel di Desa Tuapanaf RT 006/RW 003 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan NTT Peduli menggalang bantuan untuk bocah tujuh tahun ini.

Sejak donasi dibuka pada 22 September 2020, sejumlah donatur mulai menyalurkan bantuan. Hingga Senin (28/9/2020), sebanyak 16 donatur yang mendonasikan bantuan melalui rekening bank. Dari 16 donatur itu, total donasi yang masuk sebesar Rp9 juta. Selain donasi dalam bentuk uang, ada sejumlah donatur yang berdonasi dalam bentuk sembako.

Senin (28/9/2020), Forum Wartawan NTT Peduli menyerahkan langsung bantuan itu ke Yesi dan keluarganya. Air mata haru nenek Yesi, Ursula Takaep, menetes saat menerima donasi yang digalang wartawan.

"Saya ucapkan terima kasih buat wartawan NTT dan donatur yang sudah memberi bantuan. Saya tidak bisa membalas kebaikan semua ini, Tuhan yang akan membalasnya," ujar Ursula.

Koordinator Forum Wartawan NTT Peduli, Amar Ola Keda mengatakan, aksi penggalangan dana untuk Yessi Ndun merupakan bentuk aksi nyata kepedulian wartawan terhadap kehidupan sosial masyarakat.

"Tugas wartawan tidak hanya selesai di pemberitaan, tetapi lebih dari itu, harus ada aksi nyata," ujarnya kepada wartawan, Kamis (25/9/2020).

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendonasikan bantuan.

"Kaki palsu untuk Yesi, sudah ada donaturnya. Semoga forum ini terus bergerak dan menjadi jembatan kemanusiaan," tandasnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Bantuan

Pasca diberitakan beberapa media terkait kondisi Yesi Ndun, berbagai pihak menyalurkan bantuan untuk Yesi dan keluarganya. Diantaranya, pihak Polda NTT, Kapolres Kupang Kota, Tim Satlantas Polres Kupang, beberapa anggota DPRD NTT dan beberapa warga lainnya yang prihatin akan kondisi Yesi.

Bahkan, kisah hidup Yesi yang diangkat media massa menyentuh hati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membantunya.

Melalui akun media sosial, juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyatakan apresiasi kepada media yang menulis kisah Yesi sehingga persoalannya dapat diketahui publik.

"Dan, setelah membaca ini, Insya Allah Pak Menhan Prabowo akan membantu penyediaan kaki palsu Yessi," kata Dahnil melalui akun media sosialnya, Selasa (22/9/2020).

Sehabis ini, Kementerian Pertahanan akan berkoordinasi dengan pihak Komando Daerah Militer setempat untuk menemui Yesi dan keluarga.

Untuk diketahui, selain donasi yang digalang Forum Wartawan NTT Peduli, donasi juga dibuka melalui rekening nenek Yesi, Ursula Takaep. Hingga Senin (28/9/2020), donasi yang masuk ke rekening nenek Ursula Takaep sebesar, Rp18 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.