Sukses

Bobby Nasution Blusukan ke Pasar Tradisional, Serap Aspirasi Para Pedagang

Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyempatkan diri berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Kampung Lalang, Kota Medan.

Liputan6.com, Medan - Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyempatkan diri berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Kampung Lalang, Kota Medan. Di pasar tradisional ini, Bobby sekaligus menyerap aspirasi para pedagang di pasar tradisional yang dikelola Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Melihat kedatangan menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu, para pedagang sangat antusias.

Salah satunya dirasakan oleh pedagang bahan kebutuhan pokok, Boru Ginting, yang dagangannya berupa 1 Kilogram bawang merah dan 1 Kilogram jahe merah dibeli Bobby.

Tidak hanya di lapak Boru Ginting, suami Kahiyang Ayu itu juga berbelanja di lapak-lapak pedagang lainnya sembari berkeliling. Usai berkeliling, Bobby bertemu dengan 4 perwakilan pedagang yang ingin menyampaikan aspirasinya.

Para pedagang itu mewakili dari tiap lantai Pasar Kampung Lalang, termasuk pedagang di basemen. Rata-rata pedagang mengeluhkan desain Pasar Kampung Lalang yang tidak menguntungkan para pedagang.

"Kami berharap, bagusnya tembok dijebol. Jadi banyak akses masuk. Kami selama ini tidak terlihat dari luar. Padahal ada pedagang di dalam," kata seorang pedagang yang lapaknya berada di bagian belakang Pasar Kampung Lalang, Senin (28/9/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluhan Pedagang Pasar

Ada juga pedagang yang meminta agar dibuatkan tangga dari sisi luar pasar agar memudahkan akses masuk pembeli. Lalu, juga ada permasalahan pedagang liar yang menggelar lapak di luar pasar. Tindakan ilegal itu membuat pembeli enggan masuk ke dalam.

"Kalau Pak Bobby jadi Wali Kota Medan, saya yakin bisa menertibkan hal pedagang liar dan menata pasar," sebut pedagang lainnya.

Mendengar aspirasi para pedagang, Bobby menyebut, pendataan masalah dan penataan pasar tradisional di Kota Medan telah dilakukannya sejak beberapa bulan belakangan. Kunjungan yang dilakukannya sebagai pengecekan.

"Kunjungan ini kroscek data, karena sebelumnya sudah didata lewat situs pasarmedan.com. Saya lihat, data yang kami kumpulkan 95 persen akurat," kata Bobby, yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu.

3 dari 3 halaman

Fokus Pada Penertiban

Bobby menyimpulkan, berdasarkan sejumlah permasalahan yang disampaikan pedagang kepadanya, rata-rata keluhannya adalah ketertiban dan rendahnya kesejahteraan para pedagang pasar tradisional.

Bobby yang maju bersama Aulia Rachman, calon Wakil Wali Kota Medan, akan fokus pada ketertiban pasar. Menurutnya, pasar dibuat dengan anggaran dan seharusnya pedagang di pasar sejahtera.

"Manajemen di pasar harus tegas, jangan ada pembiaran oknum tertentu. Harusnya itu bisa ditegur bagi yang melanggar ketentuan," pungkas Alumni S2 Agrobisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) Itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.