Sukses

Kondisi Terkini 31 Orang di Pesantren Al Izzah Kota Batu yang Positif Covid-19

Dinas Kesehatan Kota Batu merekomendasikan observasi terus selama satu bulan ke depan.

Liputan6.com, Kota Batu - Ada 31 warga di lembaga pendidikan Al Izzah International Boarding School, Kota Batu dinyatakan positif Covid-19. Kesehatan mereka disebut terus berangsur membaik. Namun, belum ada informasi pasti berapa di antara mereka yang sudah sembuh.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori menyebut ada rekomendasi dari Dinas Kesehatan untuk terus memantau situasi di Al Izzah International Boarding School selama satu bulan ke depan.

"Setelah masa isolasi dan karantina berakhir, tetap ada observasi sampai satu bulan ke depan sampai dipastikan tidak muncul kasus baru," kata Chori di Kota Batu, Jumat, 25 September 2020 dalam keterangan tertulisnya.

Ia tak menjawab saat ditanya kondisi terbaru dari 31 orang di Al Izzah yang positif itu berapa yang sudah sembuh. Pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pasien itu dilakukan oleh tim medis internal institusi pendidikan itu.

"Secara umum kondisi kesehatan terkontrol baik. Setiap hari ada pengukuran suhu dan saturasi oksigen. Ada asupan gizi dan vitamin tambahan," ujar Chori.

Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 pertama di Pondok Pesantren Al Izzah terkonfirmasi pada 23 Agustus silam. Saat itu, seorang santri asal Surabaya positif Covid-19 usai tes swab mandiri. Santri ini sudah dinyatakan sembuh.

Setelah itu, ada 748 penghuni Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu mulai dari santri, guru, dan staf lainnya dites usap atau swab test dalam kurun 31 Agustus sampai 13 September 2020. Hasilnya, 31 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batu sampai dengan 25 September ini, ada 419 kasus terkonfirmasi positif. Dengan 87 orang di antaranya masih dirawat, 298 orang sembuh dan 34 orang meninggal dunia. Serta ada 514 suspect, 30 probable, 151 isolasi, dan 360 discarded.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.