Sukses

Dompu Mencekam, Massa Pendukung SUKA Blokir dan Bakar Kayu Blokade di Jalan

Aksi pendukung SUKA ini sebagai bentuk protes dan perlawanan terhadap keputusan KPU Dompu yang tidak meloloskan bapaslon SUKA dalam kontestasi Pilkada Dompu

Liputan6.com, Dompu - Tak berselang lama usai menggelar demonstrasi di bundaran DPRD Dompu, Nusa Tenggara Barat, pendukung dan simpatisan pasangan Syaifurrahman Salman dan Ika Rizky Veryani (SUKA) kembali beraksi. Mereka memblokir jalan Lingkar Utara, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu, Rabu, 23 September 2020, sekitar pukul 16.00 WIB

Massa memblokade jalan menggunakan kayu dan batu. Lantas mereka membakar tumpukan kayu blokade jalan sehingga api berkobar di tengah jalan itu.

Aksi pendukung SUKA ini sebagai bentuk protes dan perlawanan terhadap keputusan KPU Dompu yang tidak meloloskan bapaslon SUKA dalam kontestasi Pilkada Dompu 9 Desember 2020 mendatang.

Seorang demonstran, Ilham Yahyu mengatakan, pemblokiran jalan sebagai bentuk protes atas kezaliman demokrasi yang dilakukan secara struktur dan.

“Kita telah didzolimi oleh lima orang komisioner KPU Dompu,” ujarnya.

Dia berujar, pihaknya akan terus melakukan perlawanan atas keputusan yang dinilai tidak adil dan merugikan pasangan SUKA.

“Kami akan terus kibarkan bendera perlawanan,” kata Ketua Partai Berkarya Dompu itu.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Masih Mencekam

Pada jam yang sama, massa pendukung Syaiful-Cika memblokade perempatan Cakre, Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, namun sempat dibubarkan aparat.

Meski sempat dibubarkan paksa oleh anggota polisi dan Brimob, pada Rabu malam massa pendukung pasangan SUKA kembali memblokir dan membakar blokade di sejumlah ruas jalan.

Sempat terjadi ketegangan antara massa dengan polisi ketika hendak melakukan pembubaran paksa yang terjadi di Kelurahan Kandai Dua. Namun insiden tersebut tidak berlangsung lama.

Belum lagi di jalan Manuru Bata, Kelurahan Potu, tepat di depan rumah orang tua Syaifurrahman. Di sana jalan dipasang palang, sehingga jalur lalu lintas tersendat.

Hingga saat ini kondisi sebagian Kota Dompu masih mencekam, beberapa ruas jalan masih diisolasi oleh pergerakan massa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.