Sukses

340 Warga Kota Bengkulu Dapat Bantuan Modal Kerja dari Baznas

Penyerahan bantuan kepada 340 warga Bengkulu ini dilakukan secara simbolis dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Bengkulu - Sebanyak 340 warga Kota Bengkulu mendapatkan bantuan modal usaha kecil dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu, masing-masing menerima Rp1 juta. Bantuan modal tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali kota Bengkulu Dedy Wahyudi.

Penyerahan bantuan secara simbolis dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut, wakil wali kota didampingi Ketua BazNas Kota Bengkulu Habib Abdurahman Alkaf pada Selasa 22 September 2020 di mesjid Akbar At-Atqwa.

Dedy Wahyudi mengatakan, Pemkot Bengkulu menyampaikan apresiasi kepada BazNas Kota Bengkulu karena terus bekerja melakukan upaya-upaya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Hal tersebut sejalan dengan program Pemkot Bengkulu untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia.

"Dalam kondisi saat ini, para pedagang sangat membutuhkan suntikan modal kerja, kita hadir memenuhinya," ungkap Dedy.

Bantuan yang diserahkan itu merupakan dana yang dihimpun oleh BazNas sesuai dengan regulasi yang disiapkan. Seluruh zakat profesi dan zakat maal para ASN di Pemkot Bengkulu langsung dipotong. Dana ini dikelola oleh orang-orang yang profesional dan mengerti agama.

Ketua BazNas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Alkaf menjelaskan, bantuan modal usaha kecil itu diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah yang memiliki usaha kecil seperti warung manisan, pedagang lontong, penjual gorengan dan usaha kecil lain yang sejenis. Penyerahan bantuan dilakukan bergilir untuk menghindari kerumunan.

Penerima bantuan seluruhnya 340 warga. Tahap awal dikumpulkan 75 penerima, kemudian 75 lagi. Besok dan seterusnya juga begitu sampai 340 penerima. Bantuan ini dari uang zakat supaya mereka ada giat ekonomi.

"Ini kegiatan rutin BazNas setiap tahun," jelas Alkaf.

Salah satu penerima bantuan modal usaha, Elvina Yulianti menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Bengkulu dan BazNas Kota Bengkulu yang telah memberikan bantuan sehingga ia bisa menambah modal untuk usahanya agar lebih berkembang. "Kami sangat terbantu dan tentunya merasa bahagia, terima kasih," tutur Elvina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.