Sukses

Dua Perwira Menengah Polda Sulsel jadi Koordinator Wilayah KPK

Keduanya lulus dalam seleksi yang dilaksanakan cukup ketat.

Liputan6.com, Makassar - Dua polisi yang bertugas di jajaran Polda Sulsel lulus dalam tahapan seleksi untuk menjadi koordinator wilayah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya mendapat pemberitahuan hasil seleksi dan panggilan bergabung pada Jumat (18/9/2020). 

Dua perwira menengah itu adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Agung Widjanarko dan Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono. 

"Kapolrestabes Makassar dan Dir Krimum Polda Sulsel masuk ke dalam jajaran KPK," kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam kepada Liputan6.com, Jumat (18/9/2020).

Merdisyam mengaktakan bahwa kedua perwira menengah di jajaran Polda Sulsel itu harus melalui seleksi dan tes assesmen yang sangat ketat agar bisa menempati jabatan sebagai koordinator wilayah di KPK. 

"Bukan ditunjuk tapi melalui proses seleksi dan assessment yg ketat, mereka bisa masuk berarti merupakan anggota Polri yg hebat dan terpilih serta terpercaya mempunyai integritas yg kuat," lanjut mantan Kapolda Sultra itu. 

Merdisyam pun berharap dengan bergabungnya dua perwira terbaik jajaran Polda Sulsel ini menjadi koordinator wilayah di KPK dapat menjadi kekuatan baru dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. 

"Semoga dapat menjadi kekuatan bagi KPK" Merdisyam memungkasi. 

Berdasarkan surat yang diterima Liputan6.com, ada sejumlah perwira Polri lain yang dipanggil bergabung sebagai Pegawai Negeri yang dipekerjakan di KPK. Diantaranya adalah Pati Bareskrim Polri, Brigjen Pol Setyo Budiyanto untuk menempati posisi Direktur Penyidikan, lalu ada Penyidik Utama Tk. II Rowassidik Bareskrim Polri Kombes Pol Agung Yudha Wibowo, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri Kombes Pol Bahtiar Ujang Purnama dan Analis Kebijakan Madya Pidnarkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Kumbul Ujang Purnama untuk menempati jabatan Koordinator Wilayah.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinator Wilayah

Terpisah, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengaku telah dikabari langsung oleh ketua KPK RI, Firli Bahuri bahwa dirinya diangkat dalam jabatan baru sebagai koordinator wilayah. 

"Sudah ada pemberitahuan dari Ketua KPK bahwa saya dipercaya oleh Polri untuk bertugas kembali di KPK sebagai koordinator wilayah," kata Yudhiawan, Jumat (18/9/2020). 

Dia mengatakan bahwa ia akan berangkat ke Jakarta pada Selasa, 22 September 2020 mendatang untuk dilantik dalam jabatan baru yang akan diembanya itu.  

"Selanjutnya secara resmi nanti hari Selasa saya harus berangkat ke KPK untuk dilantik," imbuhnya. 

Bagi mantan Direktur Kriminal Khusus Polda Sulsel itu, bergabung di KPK bukanlah hal yang baru. Sebelumnya ia pernah menjadi penyidik KPK selama 7 tahun lamanya. 

"Iya kembali, kan saya pernah di sana 7 tahun," akunya. 

Hanya saja, lanjut Yudhiawan, kali ini sedikit berbeda karena dirinya akan menjadi penyidik koordinator wilayah yang akan menangani beberap perovinsi. 

"Koordinator wilayah ini merupakan jabatan baru, yang dulu di-Korsup (Koordinasi dan Supervisi), tapi sekarang mungkin lebih detil lagi dan akan membawahi beberapa provinsi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.