Sukses

Jadi Jurnalis Jangan Takut Merintis Bisnis, Begini Caranya

JOB Simenggaris menggelar temu media virtual yang fokus meningkatkan kompetensi di bidang menulis dan fotografi, serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan para jurnalis.

Liputan6.com, Tarakan - Ikhtiar menjadi jurnalis profesional sekaligus punya usaha sampingan menjadi lebih terbuka pada era digital. Peluang itu ditangkap JOB Pertamina–Medco E& P Simenggaris (JOB Simenggaris) melalui virtual sharing session untuk jurnalis di Kalimantan Utara.

Kegiatan bertajuk Media JOB Simenggaris Media Gathering dan Edukasi yang berlangsung 4 hari berturut-turut itu juga diisi upaya peningkatan kompetensi jurnalis dalam menulis dan fotografi. Kegiatan yang dibuka oleh General Manager JOB Simenggaris Akhmad Tri Budi Prabowo ini juga diikuti oleh jajaran manajemen serta pekerja yang membawahi urusan media relations.

Menurut Budi, panggilan akrab Akhmad Tri Budi Prabowo, pandemi tidak boleh menghalangi silaturahmi sekaligus kegiatan untuk peningkatan kompetensi, termasuk bagi para jurnalis dan tim internal di JOB Simenggaris.

Dia menjelaskan, JOB Simenggaris yang mengelola Wilayah Kerja di Kalimantan Utara rutin menggelar kegiatan gathering dan edukasi media. Tahun lalu, JOB Simenggaris memfokuskan gathering dan edukasi media pada upaya meningkatkan pengetahuan wartawan terhadap kegiatan hulu migas.

"Tahun ini kita fokuskan bukan hanya pada peningkatan kompetensi di bidang menulis dan fotografi, tapi juga materi yang bisa mendorong munculnya jiwa kewirausahaan teman-teman jurnalis. Ini sllaturahmi virtual yang produktif sekaligus menambah keakraban dan mengobati rindu karena lama tidak bisa bertemu," kata Budi dalam keterangan resminya, Jumat (18/9/2020).

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Memulai Bisnis

Untuk sesi menggugah jiwa kewirausahaan, JOB Simenggaris menghadirkan pakar digital marketing Andreas Agung Bawono yang pernah menjadi juara I Affiliate Marketing diantara 5.000 peserta. Pembicara lainnya adalah Kuncasono Prasetyo, mantan jurnalis yang merintis bisnis awal lewat usaha konveksi. Hingga kini, dia sudah punya tiga perusahaan.

Sementara untuk meningkatkan kompetensi wartawan dalam menulis dan fotografi yang juga diikuti tim internal, JOB Simenggaris menghadirkan nara sumber Dr Nanang Krisdinanto, mantan wartawan sekaligus dosen Universitas Widya Mandala, kemudian Beki Subechi, koordinator forografer Jawa Pos Grup, dan Dwi Eko Lokononto, anggota Dewan Pertimbangan dan Pengawas Asosiasi Media Siber Indonesia/AMSI.

Ketua PWI Kalimantan Utara Datu Iskandar Zulkarnaen menyambut gembira kegiatan yang digelar JOB Simenggaris karena saat pensiun nanti, dia ingin merintis usaha yang juga dikembangkan melalui strategi digital marketing.

"Usaha apa yang tepat untuk orang seperti saya? Bagaimana harus mengawali usaha?" tanya Datu.

Menjawab pertanyaan itu, Andreas Agung Bawono mengatakan, dalam merintis bisnis bisa dilakukan survei terlebih dahulu melalui media sosial untuk mengetahui barang atau jasa apa yang paling dibutuhkan orang. Namun juga bisa bermula dari apa yang paling diminati.

"Namun intinya, jika mau berusaha jangan terlalu banyak mikir atau takut rugi. Jalankan saja. Era digital memungkinkan semua orang bisa membangun usaha. Yang penting jangan gagap teknologi dan enggak ada alasan untuk gaptek karena mudah dipahami," kata Andreas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.