Sukses

Puting Beliung Menerjang Deli Serdang, Puluhan Rumah Warga Rusak

Angin puting beliung menerjang 5 desa di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Deli Serdang - Angin puting beliung menerjang 5 desa di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Akibat terjangan angin puting beliung, puluhan rumah warga mengalami kerusakan dengan kategori ringan hingga berat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa, 15 September 2020, sekitar pukul 15.00 WIB.

"Berdasarkan data yang diperbarui Pusat Pengendali dan Operasi atau Pusdalops BNPB, lima desa tersebut berada di 3 kecamatan," kata Raditya, Rabu (16/9/2020).

Ada desa yang terdampak angin puting beliung tersebut adalah Desa Perdamean dan Desa Wono Sari di Kecamatan Tanjung Morawa, Desa Amplas dan Desa Tembung di Kecamatan Percut Sei Tuan, dan Desa Tumpatan Nimbung di Kecamatan Batang Kuis.

"Atas peristiwa tersebut, 14 unit rusak berat, 13 unit rusak sedang, dan 29 unit rusak ringan," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Luka

Akibat bencana yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut juga menyebabkan satu orang luka berat, dua orang mengalami luka ringan, dan sebanyak 14 kepala keluarga atau KK mengungsi ke rumah kerabat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Deli Serdang telah melakukan sejumlah langkah terkait angin puting beliung, seperti kaji cepat, evakuasi korban luka ke rumah sakit terdekat, dan membersihkan material sisa puing bangunan dibantu warga sekitar.

"BPBD Kabupaten Deli Serdang juga telah menyalurkan bantuan logistik di Kecamatan Hamparan Perak, dan mengirimkan personel satgas untuk kebutuhan dapur umum," Raditya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.