Sukses

Odading Mang Oleh Viral, Ridwan Kamil Tugaskan Ade Londok Jadi Duta Kuliner Jabar

Odading Mang Oleh dipopulerkan Ade Londok, sosok yang kini menjadi perbincangan di dunia maya usai videonya viral.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Odading Mang Oleh di kawasan Baranangsiang, Kosambi, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020). Odading Mang Oleh sendiri dipopulerkan oleh Ade Londok, sosok yang kini menjadi perbincangan di dunia maya usai video memakan Odading Mang Oleh yang ia unggah viral di media sosial Instagram.

Di video itu, Ade Londok mempromosikan Odading Mang Oleh dengan menggebu-gebu dan disisipi kalimat bahasa Sunda.

"Odading Mang Oleh. Mmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh di dieu," ucap Ade Londok mempromosikan odading.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, aksi Ade Londok itu berhasil mengangkat Odading Mang Oleh yang lengkapnya bernama "Odading Nusa Sari Pak Sholeh". Bahkan, karena promosi Ade Londok, penjualan odading meningkat drastis.

Emil pun menilai bahwa cara promosi unik yang dilakukan Ade Londok berhasil mencuri perhatian warga sehingga lapak Odading Mang Oleh banyak diserbu warga. Meski begitu, ia berpesan kepada Ade Londok agar di video berikutnya bisa lebih berhati-hati dalam pemilihan kata saat mempromosikan sebuah produk.

"Beliau bisa membuat satu produk menjadi terkenal salah satunya dengan kemampuan bahasa, tapi saya titip ke depan bahasanya harus lebih sopan, ya," ucap Emil.

Karena membludaknya antrean di lapak Odading Mang Oleh beberapa hari ini, Emil pun mengingatkan pembeli untuk tetap menjaga protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan memakai masker.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Duta Kuliner Jabar

Emil mengaku akan menggandeng Ade Londok untuk menjadi duta promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner di Jabar. 

"Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar," sekaligus bertemu Ade Londok, ujarnya.

Ihwal disematkannya duta kuliner sendiri karena sejak viral lewat video Ade Londok, pembeli Odading Mang Oleh harus rela mengantre. Bahkan hingga mengular ke pinggir jalan, demi mencicipi odading yang satunya dihargai Rp1500 ini. 

 

3 dari 3 halaman

Dapat Handphone

Adapun untuk mendukung upaya Ade Londok dalam mempromosikan UMKM kuliner Jabar melalui media sosial, Emil memberikan hadiah gawai baru kepada Ade Londok.

"Kemarin ada aspirasi, katanya HP-nya suka error, akhirnya sekarang saya kasih hadiah HP baru," kata Emil.

Sambil mendekap kotak tersebut, Ade Londok pun mengucapkan terima kasih kepada Emil.

"Hatur nuhun yang terhormat Bapak Ridwan Kamil. Sing sehat, aya dina keberkahan (yang sehat, semoga selalu ada dalam keberkahan)," ucap Ade Londok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.