Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mamuju Tengah Saat Warga Terlelap Tidur

Oleh Abdul Rajab Umar pada 14 Sep 2020, 07:04 WIB
Diperbarui 14 Sep 2020, 07:04 WIB
Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Mamuju Tengah Gempa bumi Magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Senin (14/9/2020) sekitar pukul 01.00 Wita. Guncangan gempa sempat membuat warga terbangun dari tidur lelapnya dan berhamburan keluar rumah mereka.

Berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berpusat di 28 kilo meter Barat Laut, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun, BMKG memberi pesan agar warga berhati-hati terhadap gempa bumi susulan.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, guncangan gempa juga dirasakan daerah sekitar Mamuju Tengah, seperti Mamuju, Majene, dan Polman.

"Tadi seperti ada ledakan, membuat semua warga bangun dan keluar rumah. Bahkan, satu kampung kami langsung bangun, karena rumah goyang cukup keras," kata Masdar warga Desa Kire, Kecamatan Budong-budong, Mamuju Tengah kepada Liputan6.com.

Sedangkan, Ardiansyah warga Desa Babana, Kecamatan Budong-budong mengatakan, warga di desanya panik setelah guncangan gempa itu. Bahkan, kebanyakan warga desanya memilih mengungsi untuk mengantisipasi gempa susulan, apa lagi daerah mereka dekat dengan pantai.

"Iye sudah mengungsi sebagian pak, ada yang naik motor dan ada juga naik mobil pickup," kata Ardiansyah.

"Apa lagi lampu sempat mati, yang menambah kepanikan warga saat gempa terjadi," sambungnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓