Sukses

Pasien Positif Covid-19 di Ende NTT Melonjak, Kebanyakan dari Bali

Setelah pemberlakuan new normal, kasus covid-19 mendadak meningkat di NTT.

Liputan6.com, Kupang - Setelah pemberlakuan new normal, kasus covid-19 mendadak meningkat di NTT. Data per 12 September 2020 menunjukkan ada penambahan 18 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Ende.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Ende, dr Muna Fatma menjelaskan, sebanyak 18 pasien terkonfirmasi positif covid-19. Dari 18 pasien, dua pasien menjalani masa isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende, sedangkan sisanya menjalani karantina mandiri.

Penyebaran pasien Covid-19, kata dia, berasal dari pasien warga Kecamatan Ende Utara, yang sebagiannya merupakan pelaku perjalanan dari Denpasar, Bali.

"Satu pasien berasal dari Kecamatan Nangapanda yang tertular dari transmisi lokal," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (12/9/2020).

Selain itu, masih ada 83 sampel swab yang ditunggu hasil pemeriksaannya. Saat ini, pihaknya telah melakukan pelacakan (tracing) dan ditemukan 83 orang yang berkontak erat dengan pasien Covid-19. Sejauh ini, total kasus Covid-19 di Ende sudah mencapai 38 kasus. 20 orang positif dan 18 orang sudah dinyatakan sembuh. Ia meminta masyarakat tetap waspada dan tetap menaati protokol kesehatan.

"Pakai masker, cuci tangan, dan hindari kerumunan," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.