Sukses

Drama Klaim Dukungan dalam Pilkada Gunungkidul

Pernyataan politik ini sekaligus menepis isu yang terlanjur beredar, di mana ada bapaslon lain yang mengklaim telah mendapat dukungan

Liputan6.com, Gunungkidul - Pencantuman logo Partai Gelora di salah satu surat kabar lokal menuai reaksi dari DPD Partai. Partai gelora disebut sebut mengusung bakal pasangan calon Sunaryanto-Heri Susanto yang diusung Partai Golkar dan PKB dalam Pilkada Gunungkidul.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia Gunungkidul, Kurniawan Triatmaja membantah jika ada yang mengklaim dukungan Partai Gelora selain Bambang-Benjamin maka hal tersebut tidak benar. Karena pihaknya telah mengantongi surat keputusan berkaitan dukungan partai Gelora Gunungkidul.

"Keputusan dukungan tersebut sudah diteken sejak 1 September lalu. surat dukungan resminya ditandatangani langsung oleh ketua umum beserta sekretaris jenderal (sekjen) dari Partai Gelora,"ujar Kurniawan kepada awak media di kantor DPC PDIP Gunungkidul, Jumat (11/9/2020).

Pernyataan politik ini sekaligus menepis isu yang terlanjur beredar, di mana ada bapaslon lain yang mengklaim telah mendapat dukungan dari Partai Gelora Indonesia. Karena pihaknya belum pernah sama sekali menjalin komunikasi politik dengan bapaslon Subaryanta-Heri.

Kurniawan pun menyebut klaim dukungan tersebut sebagai pembohongan publik. Terkait hal ini pihaknya akan minta penjelasan dari pihak terkait mengenai klaim tersebut, paling lambat 2x24 jam terhitung mulai Jumat.

Kurniawan sendiri memberikan alasan mengapa memberikan dukungan ke Bapaslon Bambang Wisno Handoyo dan Benjamin dalam Pilkada Gunungkidul. Ia menyebut Bambang Wisnu Handoyo secara khusus telah berperan besar dalam pembangunan di DIY. Selain itu ia disebut sebagai calon yang tidak menggunakan mahar politik.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Partai Lain

"Kami akan mengerahkan kekuatan demi memberikan dukungan pada BaBe di Pilkada nanti. Kami akan membantu pemenangan terutama lewat media sosial, karena sasaran kami adalah usia milenial," jelasnya

Ketua DPC PDI-P Gunungkidul Endah Subekti menyatakan apresiasinya terhadap dukungan yang sudah diberikan. Ia pun berharap dukungan dari pihak lain juga diberikan, terutama dari seluruh lapisan masyarakat. pihaknya akan berjuang bersama parpol pendukung dan masyarakat untuk memenangkan Babe.

"Ya kita tetap berharap kompetisi antar bapaslon yang bertarung di Pilkada Gunungkidul 2020 tetap berjalan baik tanpa friksi yang kuat. Apa pun hasilnya nanti akan kami terima secara ikhlas dan tulus," kata Endah.

Salah satu Tim pemenangan Pasangan Bacalon Sunaryanto-Hery Susanto yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Gunungkidul, Hery Nugroho mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan partai Gelora. Dan pihaknya tidak pernah mengklaim tentang adanya dukungan dari partai baru tersebut.

"Dari semua partai pengusung pak Naryanto-Hery itu juga tidak ada yang berkomunikasi dengan Partai Gelora,"tegasnya.

Terkait dengan jangka waktu yang tetapkan Partai Gelora, pihaknya tidak jadi masalah karena dari partai pengusung juga tidak ada komunikasi dengan teman teman Gelora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.