Sukses

Tank Tabrak Sepeda Motor dan Gerobak Gorengan, TNI AD Ganti Kerugian Warga

Kendaraan lapis baja (tank) milik TNI Angkatan Darat (AD) mengalami kecelakaan yang berakibat tertabraknya empat sepeda motor dan sebuah gerobak milik pedagang gorengan.

Liputan6.com, Bandung - Kendaraan lapis baja (tank) milik TNI Angkatan Darat (AD) mengalami kecelakaan yang berakibat tertabraknya empat sepeda motor dan sebuah gerobak milik pedagang gorengan. Insiden itu terjadi di Jalan Raya Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, pada Kamis (10/9/2020).

Kepala Satlantas Polres Cimahi Ajun Komisaris Susanti Samaniah mengungkapkan kronologi kejadian. Diketahui, tank berjenis Scorpion menabrak kendaraan roda dua dan gerobak pada pukul 11.00 WIB. Akibatnya, sepeda motor yang sedang terparkir di pinggir jalan mengalami kerusakan parah. Sedangkan, gerobak nyaris kehilangan bentuk usai digilas tank.

"Tank itu pada pukul 11.00 WIB sedang melaksanakan konvoi dalam rangka kegiatan uji siap tempur Yonkav-4/KC Dam III Siliwangi dari arah Saguling menuju Jalan Raya Rajamandala," ujar Susanti.

Semula, iring-iringan tank milik Batalyon Kavaleri (Yonkav)-4/Kijang Cakti itu akan menuju Jalan Raya Rajamandala dari arah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling. Tank pertama mampu berbelok dengan tepat. Sedangkan tank kedua yang melakukan manuver belok kiri tak bisa dikendalikan pengemudi hingga akhirnya terpelanting lalu menabrak benda yang berada di depannya.

"Akhirnya menabrak dan menyebabkan kerusakan parah pada motor dan gerobak milik warga," ujar Susanti.

Susanti menyatakan bahwa pihaknya melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan tersebut. Selanjutnya, kecelakaan tersebut ditangani langsung oleh Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) TNI AD.

"Kami olah TKP sekitar 20 menit bersama pihak Yonkav-4 didampingi Danyonkav (komandan batalyon kavaleri) juga. Kecelakaannya sepenuhnya ditangani oleh Subdenpom ," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti Kerugian kepada Warga

Sementara itu, Komandan Yonkav 4/Kijang Cakti Letnan Kolonel Embi Triono menyatakan TNI sudah mengganti kerugian materi milik warga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

"Untuk kerugian yang ditimbulkan, kita sudah inventarisir siang tadi. Kita juga sudah selesaikan ganti rugi terhadap masyarakat semuanya, sudah selesai dan dengan masyarakat semuanya sudah clear," tuturnya.

Dalam peristiwa tersebut, Embi memastikan tidak ada korban jiwa. Namun, empat sepeda motor dan gerobak tahu goreng yang tertabrak mengalami kerusakan.

Sementara untuk proses selanjutnya, Embi menyebutkan, Pomdam III/Siliwangi sudah turun langsung ke lokasi kejadian. Menurutnya, yang terpenting tidak ada korban jiwa baik dari prajurit maupun dari warga.

"Semua sudah kita tangani dan kita proses oleh Pomdam III/Siliwangi untuk proses lebih lanjut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.