Sukses

Obati Patah Hati dengan Susur Sungai di Kedung Jati

Destinasi wisata Kedung Jati menawarkan pengalaman menyusuri keindahan dan kedamaian sungai diapit bukit-bukit karts.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bantul adalah salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki beragam destinasi wisata. Dari destinasi budaya sampai tempat yang menawarkan keindahan alam. Obyek wisata alam selain pantai dan gua, juga sungai.

Destinasi wisata sungai yang memberikan sensasi luar biasa adalah Kedung Jati. Lokasinya di Selompamioro, Imogiri, persinya di lembah Sungai Oya diapit bukit-bukit karst menghijau. Aliran Sungai Oya terbentang 106 kilometer berhulu di Gunung Kidul hingga bermuara di pantai selatan Jawa.

Di Kedung Jati tersedia paket wisata untuk menyusuri Sunga Oya dengan menggunakan perahu karet. Jangan ragu, keamanan saat menaiki perahu karet telah dijamin pemandu wisata.

Ada ada dua jenis paket yakni Short trip dan Long trip dengan harga dan jarak tempuh berbeda. Short trip dibanderol Rp150.000/perahu dengan jarak satu kilometer. Sedangkan Long trip dibanderol Rp250.000 dengan jarak kurang lebih 5,4 kilometer. Dahaga diobati dengan kelapa muda yang jadi bekal selama trip berlangsung.

Akses menuju Kedung Jati gampang. Rute dari Jogja menuju imogiri kemudian sebelum pertigaan menuju Gunung Kidul, ambil kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Kedung Jati juga menjadi rute gowes yang asyik.

Tak butuh waktu lama sampai ke sana. Selanjutnya rasakan sensasi pengalaman mengesankan. Kombinasi pemandangan dan aktivitas susur sungai niscaya mengobati hati yang galau, atau menyegarkan jiwa.

Seperti testimoni seorang pengunjung, Selando, yang mengaku ketagihan main ke Kedung Jati.

“Saya sangat berkesan dengan tempat ini, aliran sungai yang sangat bersih dan masih banyak pepohonan yang rindang. Tempat ini seperti sempalan surga,” ucapnya.

Penulis: Aji Pamungkas, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta 

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.