Sukses

Aksi Garong Bobol 17 Kotak Amal di Masjid Jami'ul Ihsan Makassar

Dia sengaja menginap di masjid itu dan beraksi ketika seluruh jemaah telah pulang.

Liputan6.com, Makassar - 17 kotak amal yang berada di Masjid Jami'ul Ihsan, Jalan Toddopuli Raya, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan digondol maling. Pengurus masjid yang mengetahui kejadian itu pun langsung melapor ke Polsek Panakkukang.

"Benar, kami sudah terima laporannya, sementara masih dalam penyelidikan anggota. Ada 17 celengan (kotak amal) yang dilaporkan oleh pengurus Masjid Jami'ul Ihsan Toddopuli," kata Kasi Humas Polsek Panakkukang, Bripka Halim, kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Halim menyebutkan, setelah pihaknya menerima laporan, polisi pun langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi lalu memeriksa rekaman CCTV yang berada di sekitar masjid.

"Kalau dari rekaman CCTV pelaku masuk sekitar pukul 21.00 Wita, Minggu 6 September 2020," ucap Halim.

Modus yang dilakukan oleh terduga pelaku itu adalah dengan cara ikut salat berjemaah saat Salat Isya. Usai salat pelaku tersebut lalu tinggal dan bersembunyi di dalam Masjid. 

"Ada satu orang yang kelihatan dalam rekaman itu. Setelah salat Isya tinggal sembunyi, melihat situasi masjid sudah terkunci baru beraksi" jelas Halim. 

Pelaku lalu melancarkan aksinya saat tengah malam, setelah semua jemaah ia pastikan telah pulang. Halim menyebutkan bahwa pelaku merusak gembol seluruh kotak amal yang berada di dalam masjid. 

"Pelaku sempat bermalam, jadi sebelum salat subuh mereka pergi setelah membongkar celangan masjid. Laporan pengurusnya kerugian diperkirakan mencapai Rp3 Juta. Untuk ara pelaku sementara masih dalam pengejaran," tukas Halim

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.