Jalani Tes Psikologi, Paslon Pilwalkot Medan Kompak Kenakan Pakaian Warna Putih

Oleh Reza Efendi pada 08 Sep 2020, 12:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 15:52 WIB
Bobby Nasution menyapa Akhyar Nasution
Perbesar
Bobby-Aulia menyapa pasangan Akhyar-Salman.

Liputan6.com, Medan - Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada Pilwalkot Medan diikuti 2 pasangan calon (paslon). Kedua paslon yaitu Bobby Nasution-Aulia Rachman dan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Setelah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, kedua paslon mengikuti persayaratan mutlak selanjutnya, yaitu tes psikologi. Kegiatan ini dilaksanakan di Santika Hotel Medan, Selasa (8/9/2020).

Dalam tes psikologi ini, kedua paslon tampak kompak mengenakan pakai warna putih. Pasangan Akhyar-Salman tiba lebih dulu, sekitar pukul 07.30 WIB. Menyusul pasangan Bobby-Rachman yang tiba sekitar pukul 08.00 WIB.

Di lokasi, pasangan Bobby-Aulia langsung menyapa pasangan Akhyar-Salman.

Dalam tes psikologi, paslon yang akan bersaing di Pilwalkot Medan pada 9 Desember 2020 itu akan menjalani sejumlah rangkaian, seperti tes tertulis maupun sesi wawancara oleh tim ahli.

Setelah menjalani tes psikologi, selanjutnya kedua paslon akan melanjutkan tahapan berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan dan bebas narkotika, yang akan dilaksanakan di Instalasi Pelayanan Eksekutif Lantai I dan Lantai II Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Rabu, 9 September 2020.

2 dari 4 halaman

Hanya 2 Paslon

Daftar Pilwalkot ke KPU Medan
Perbesar
Berkas yang diserahkan Bobby dan pasangannya, Aulia, langsung dicek. Selanjutnya tim verifikasi akan langsung mengonfirmasi ke Parpol untuk memastikan surat dokumen absah.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengatakan, pihaknya sudah menutup pendaftaran pencalonan bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilwalkot Medan pada Minggu, 6 September 2020, pukul 24.00 WIB.

"Sampai penutupan, hanya ada dua paslon yang mendaftar ke kita," kata Agussyah, Senin, 7 September 2020.

Kedua paslon tersebut adalah Muhammad Bobby Nasution-Aulia Rachman dan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. KPU Medan juga telah menerima berkas pencalonan dari kedua paslon tersebut. Berkas Bobby-Aulia diterima Jumat, 4 September 2020, dan Akhyar-Salman, Sabtu, 5 September 2020.

Pada Pilwalkot Medan, paslon Akhyar-Salman maju dengan didukung dua partai, PKS dan Demokrat. Sementara Bobby-Aulia didukung delapan partai politik, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Gerindra, PAN, Nasdem, Hanura, PSI, dan PPP.

3 dari 4 halaman

Paslon Pilwalkot Medan

Akhyar Nasution
Perbesar
Berkas Akhyar-Salman dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan.

Untuk diketahui, paslon Pilwalkot Medan, Bobby Nasution diketahui sebagai menantu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi. Sedangkan wakilnya, Aulia Rachman sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Medan Fraksi Partai Gerindra.

Sementara Akhyar Nasution saat ini berstatus petahana, menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan. Sedangkan Salman Alfarisi Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓