Aksi Gowes Akhyar-Salman dari Lapangan Merdeka ke KPU Medan Warnai Pendaftaran Pilwalkot

Oleh Reza Efendi pada 05 Sep 2020, 12:51 WIB
Diperbarui 05 Sep 2020, 12:51 WIB
Akhyar Nasution
Perbesar
Akhyar Nasution-Salman Alfarisi bersepeda ke Kantor KPU Medan untuk daftar Pilwalkot Medan.

Liputan6.com, Medan Aksi bersepeda ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan yang dilakukan Akhyar Nasution dan pasangannya, Salman Alfarisi, mewarnai pendaftaran sebagai Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada Pilwalkot 2020.

Di Kantor KPU Medan yang berada di Jalan Kejaksaan, Akhyar-Salman tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang serta mengenakan pengikat kepala khas Melayu berwarna hijau motif kuning.

Sebelumnya Akhyar-Salman gowes dari Lapangan Merdeka ke Kantor KPU Medan. Tidak hanya berdua, mereka juga didampingi oleh istri masing-masing, serta tim sukses dan pimpinan partai pendukung.

"Hari ini Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi mendaftar. Mari kita doakan, semoga AMAN (Akhyar-Salman) menang," ucap seorang lelaki yang memimpin doa di depan KPU Medan.

Di Kantor KPU Medan, Akhyar-Salman tampak mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Hal ini sebagai salah satu protokol kesehatan mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Kemudian bapaslon yang diusung Partai Demokrat dan PKS itu langsung menuju ke meja pendaftaran.

Berkas pencalonan Akhyar-Salman diterima oleh Ketua KPU Medan, Agussyah R Damanik, beserta komisioner KPU lainnya. Sementara di luar Kantor KPU Medan, puluhan personel kepolisian melakukan penjagaan.

Puluhan pendukung dan relawan juga tampak memadati seputaran lokasi pendaftaran untuk memberikan dukungan kepada Akhyar-Salman. Mereka berasal dari partai pendukung maupun dari relawan dengan seragam bertuliskan AMAN.

 

Diusung Demokrat dan PKS

Surat rekomendasi
Perbesar
Akhyar Nasution-Salman Alfarisi jadi lakan menantu Presiden Jokowi di Pilwalkot Medan 2020.

Sebelumnya teka teki kompetitor pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Medan akhirnya terjawab. Kompetitor menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah pasangan Akhyar-Salman.

Akhyar merupakan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, dan Salman menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD) Sumut dari Fraksi Partai Keadialn Sejahtera (PKS).

Akhyar-Salman telah mendapatkan surat keterangan rekomendasi dari PKS dalam Pilwalkot Medan yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Surat rekomendasi model B1KWK diserahkan di Kantor Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Sumut, Jalan Kenanga Raya, Kota Medan.

Kantongi Surat Rekomendasi

Akhyar Nasution
Perbesar
Untuk melawan Bobby-Aulia di Pilwalkot Medan, pasangan Akhyar-Salman telah mengantongi 2 dukungan partai.

Sebelumnya juga, pasangan Akhyar-Salman telah mendapat dukungan dari Partai Demokrat. Surat rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan diterima oleh Salman.

"DPP PKS telah mengeluarkan rekomendasi dan sekaligus surat model B1KWK. Ustaz Salman juga langsung menerima dari Ketua Umum Partai Demokrat, Pak Agus," kata Akhyar, Kamis, 3 September 2020.

Untuk melawan Bobby-Aulia di Pilwalkot Medan, pasangan Akhyar-Salman telah mengantongi 2 dukungan partai yang menguasai 11 kursi di DPRD Kota Medan. 7 kursi milik PKS dan 4 kursi dikuasai Partai Demokra.

"Lengkap sudah 2 partai, PKS dan Demokrat mengusung Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi," ungkap Akhyar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓