Sukses

Sensasi Menyusuri Keindahan Sungai Oya

Wisatawan body rafting di Sungai Oya bisa menjumpai kombinasi keindahan gunung kapur dan bukit menghijau.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Mulai dari destinasi wisata di hutan, pantai, gunung, juga sungai.

Salah satu destinasi wisata menarik adalah Sungai Oya yang berhulu di Kabupaten Gunung Kidul. Sungai sepanjang kurang lebih 106 kilometer itu mengalir jauh melintasi kabupaten lain, Bantul, hingga bermuara di Laut Selatan.

Warga sekitar Sungai Oya berkreasi menciptakan destinasi wisata dengan memanfaatkan potensi sungai. Salah satunya di Gunung Kidul berupa sarana rekreasi body rafting.

Sensasi mengasyikkan bakal dinikmati pengunjung wisata body rafting. Wisatawan akan menikmati keindahan alam yang dapat terlihat sepanjang track sungai sekitar 1,5-2km.

Rekreasi body rafting tersebut memberikan pengalaman menikmati indahnya daerah perbukitan batu kapur yang cukup tinggi dan bukit hijau yang cantik. Selain itu di tengah perjalanan, wisatawan akan disuguhkan indahnya pemandangan dari Curug Pengantin.

Curug Pengantin biasanya dijadikan tempat untuk istirahat sementara. Banyak isatawan memanfaatkan waktu istirahatnya untuk mengabadikan momen mereka di Curug Pengantin tersebut.

"Siapa tahu terus ketularan jadi pengantin," kata Aji, seorang pengunjung dari Yogyakarta. "Nggak terbayangkan di gunung kapur begini ada sungai besar."

Curug Pengantin menyuguhkan beberapa spot cantik yang sayang dilewatkan untuk tidak diabadikan. Para wisatawan juga harus merasakan sensasi melompat ke dalam air dari ketinggian.

Terdapat dua spot ketinggian yang disuguhkan, yaitu melompat dari ketinggian 4 dan 7 meter. Penulis menyarankan agar wisatawan tidak melewatkan pengalaman tersebut.

Di samping itu, demi memaksimalkan pengalaman wisatawan saat merasakan rekreasi body rafting, penulis menyarankan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Sungai Oya tersebut. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk merasakan rekreasi body rafting di Sungai Oya.

Di waktu tersebut wisatawan akan merasakan sejuknya udara pagi dan aroma daun kayu putih yang masih segar terasa setibanya di area Sungai Oya. Selain itu, mengambil gambar di Sungai Oya pada pagi hari memberikan angle yang menawan, semburat sinar matahari dipagi hari terlihat mengintip dari balik bukit.

Serunya rekreasi body rafting di Sungai Oya tidak lepas dari keuletan masyarakat dalam mengolah destinasi wisata. Dinas Pariwisata Gunung Kidul yang berkolaborasi dengan masyarakat mengoptimalkan sungai yang memiliki potensi keindahan alam.

Penulis: Nurul Fajri Kusumastuti, Mahasiswa Fakultas Komunikasi UII Yogyakarta

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.