Sukses

Pertamina Kembali Tambah Titik BBM Satu Harga di Bumi Tano Niha

Sebagai upaya tercapainya rasa keadilan bagi seluruh masyarakat di Indonesia, sejak tahun 2018 lalu 6 lokasi BBM satu harga dibangun di Pulau Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Nias Barat - Sebagai upaya tercapainya rasa keadilan bagi seluruh masyarakat di Indonesia, sejak tahun 2018 lalu 6 lokasi BBM satu harga dibangun di Bumi Tano Niha atau Pulau Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Kini, Pertamina yang mendapat amanah dari pemerintah dalam menjaga aksesibilitas dan availabilitas kembali menambah titik BBM satu harga di Pulau Nias, bertempat di Desa Sisarahili I, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat.

Pertamina bersama Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Kementerian ESDM kembali meresmikan BBM satu harga ke tujuh di Bumi Tano Niha.

Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Kepala BPH Migas, Joko Kristiadi, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, dan Region Manager Retail Sales Marketing Operation Region (MOR) I, Pierre Janitza Wauran.

Joko menyampaikan, bahwa pembangunan SPBU Kompak di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) ini bukan merupakan hal yang mudah, mengingat lokasi geografis dan ongkos angkut yang tinggi.

"Sehingga perlu dipastikan tepat sasaran peruntukkannya," kata Joko, Selasa (1/9/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota Jenis BBM Tertentu

Dijelaskan Joko, BPH Migas telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) untuk Kabupaten Nias Barat tahun 2020 adalah sebesar 170 ribu liter untuk minyak tanah, dan sebanyak 908 ribu liter produk Biosolar.

"Sedangkan kuota Jenis BBM Khusus Penugasan atau JBKP Premium tahun 2020 sebesar 2,6 juta liter," jelasnya.

Kuota BBM tersebut disalurkan oleh Pertamina melalui 15 lembaga penyalur yang berada di pulau Nias, 6 diantaranya merupakan SPBU Kompak.

Sebanyak 2 SPBU Kompak berada di Nias Selatan, 1 SPBU Kompak di Nias Barat, sedangkan 3 SPBU Kompak lainnya di Kabupaten Nias.

Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely mengungkapkan arti penting keberadaan BBM satu harga di Nias Barat. Diharapkan dengan terbangunnya SPBU Kompak di Kecamatan Mandrehe, memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat.

"Dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nias Barat secara umum," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Target Pertamina

Region Manager Retail Sales MOR I, Pierre Janitza Wauran, menyampaikan komitmen Pertamina dalam menjamin pasokan BBM di Pulau Nias.

Pada tahun ini, Pertamina MOR I Sumbagut menargetkan pembangunan 2 titik BBM satu harga di wilayah Nias.

"Dalam waktu dekat ini akan kami tambah 2 titik lagi, sehingga total menjadi 4 titik. Dari 4 titik BBM satu harga tersebut, 3 diantaranya akan berlokasi di Kabupaten Nias Barat," Pierre menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.