Sukses

Viral Video Kemunculan Buaya di Sungai Deli, BBKSDA Sumut Lakukan Penelusuran

Video kemunculan seekor buaya dengan ukuran berkisar hampir 2 meter viral di media sosial Instagram dan Facebook.

Liputan6.com, Medan - Video kemunculan seekor buaya dengan ukuran berkisar hampir 2 meter viral di media sosial Instagram dan Facebook. Kemunculan buaya tersebut diduga terjadi di Sungai Deli, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @medantalk, Senin, 31 Agustus 2020, tampak sejumlah orang melihat seekor buaya dari seberang sungai. Akun tersebut menuliskan, "Buaya Siapa Yang Lepas? Buat para warga agar lebih berwaspada jangan main ke sungai. Ada yang berani tangkap?"

Dalam video tersebut juga terlihat buaya yang dimaksud sedang berada di pinggiran sungai, dan diduga sedang berjemur.

Bahkan dikabarkan, seorang warga mencoba menangkap buaya itu dengan menggunakan jala, namun gagal. Buaya dengan cepat masuk ke sungai.

Hingga saat ini video terkait kemunculan buaya di akun Instagram @medantalk telah dilihat 215.455. Bahkan komentar-komentar yang muncul juga telah mencapai 790-an. Banyak dari netizen men-tag Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut.

Terkait kemunculan buaya di aliran Sungai Deli, pihak BBKSDA Sumut yang mendapat informasi langsung bergerak cepat untuk melakukan penelusuran. Bahkan telah menurunkan tim untuk mengetahui keberadaan buaya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memastikan Informasi

Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Sumut, Teguh Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengetahui informasi tersebut.

Timnya saat ini sedang berada di lapangan untuk memastikan informasi yang beredar di media sosial terkait kemunculan seekor buaya di Sungai Deli.

"Tim sedang berada di lapangan untuk mencari titik penampakan buaya itu," sebut Teguh, Selasa (1/9/2020).

3 dari 4 halaman

Buaya Berukuran 1 Meter Ditangkap Warga

Sebelumnya, sekitar tahun 2018, upaya warga di pinggiran Sungai Deli, Kota Medan, Sumut, untuk menangkap tiga ekor buaya yang sempat meresahkan membuahkan hasil. Seekor buaya berukuran 1 meter berhasil ditangkap pada Selasa, 17 Juli 2018, sekitar pukul 14.00 WIB.

Buaya tersebut ditangkap oleh seorang warga bernama Ishak dengan cara memancingnya menggunakan umpan seekor bebek.

Ishak menangkap buaya tersebut di Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

"Saya memancingnya dengan umpan seekor bebek. Setelah umpan saya lempar ke sungai, buaya itu langsung menerkamnya. Kemudian langsung saya tarik ke pinggir sungai, dan saya tangkap," kata Ishak saat itu.

Menurut Ishak, sebelum berhasil menangkap buaya itu, ia bersama warga lainnya terlebih dahulu mengintai buaya. Selama dua minggu terakhir, mereka terus menyisir pinggiran Sungai Deli yang berada di kawasan Kelurahan Sei Mati.

4 dari 4 halaman

Proses Penangkapan 

Dalam prosesnya, warga menggunakan jaring dengan umpan hewan ternak. Mereka sempat hampir mendapatkan buaya yang sedang berenang di Sungai Deli, tetapi gagal karena hewan buas tersebut melawan.

"Pernah kami coba tangkap menggunakan jaring, tapi gagal," ucapnya.

Ishak mengungkapkan, ia beserta warga akan terus berupaya untuk menangkap buaya lainnya yang diperkirakan ada dua ekor lagi. Pada 6 Juni 2018, warga Jalan Bahagia, Gang Usaha II, Kelurahan Suka Raja, Medan Maimun, melihat tiga ekor buaya sedang berjemur di pinggir Sungai Deli.

"Satu ekor sudah berhasil kami tangkap, dan ada dua ekor lagi. Kami terus berusaha menangkap buaya yang ada di sungai ini," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.