Sukses

Wakil Wali Kota Padang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Hingga kini, sudah empat kepala daerah di Sumbar yang terpapar Corona Covid-19.

Liputan6.com, Padang - Deretan kepala daerah yang terpapar Corona Covid-19 di Sumatera Barat terus bertambah. Pada Senin, 31 Agustus 2020 Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain wakil wali kota, Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul, dan salah seorang anggota DPRD setempat berinisial FN juga terpapar virus tersebut.

"Iya, tadi hasil swab test wakil wali kota, sekda, dan salah seorang anggota DPRD Padang keluar, hasilnya positif Covid-19," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sumbar, Jasman Rizal, kepada Liputan6.com, Senin (31/8/2020).

Menurut dia, saat ini tim dari Pemko Padang sedang melakukan penelusuran, untuk mengetahui siapa saja yang pernah kontak dengan Hendri Septa.

Jasman tidak mengetahui secara pasti di mana wakil wali kota kini dirawat. Namun, yang jelas saat tim penanganan Covid-19 Pemko Padang sudah bergerak setelah mengetahui hasil tes usap itu.

Hendri Sapta diketahui melakukan tes usap pada Minggu, 30 Agustus 2020, setelah melakukan perjalanan dari Jakarta.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Covid-19 Sumbar

Penyebaran Covid-19 di Sumbar dalam satu bulan terakhir terus meningkat. Bahkan, beberapa hari terakhir penambahan pasien per hari rata-rata lebih dari 80 orang.

Hal tersebut karena semakin tingginya mobilitas masyarakat dan masih ada yang abai dengan protokol kesehatan.

Data per 30 Agustus 2020, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar mencapai 2.067 orang, 1.194 di antaranya sudah sembuh dan 56 jiwa meninggal dunia. Sementara sisanya masih diisolasi.

Total jumlah sampel masyarakat Sumbar yang diambil 98.608 orang, lalu untuk spesimen sampel yang diperiksa mencapai 115.133 sampel.

"Positif rate hingga 30 Agustus 2020 yakni 2,10 persen," kata Jasman Rizal.

Kemudian pada hari ini, 31 Agustus 2020 dari data sementara terdapat penambahan pasien positif sebanyak 91 orang, jumlah tersebut dari hasil pemeriksaan sampel berjumlah 1.988 sampel.

Jasman mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

"Jangan lupa sering mencuci tangan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.