Sukses

Tingkatkan Pelayanan PERPAMSI Jalin Kerjasama dengan Perusahaan IT

Perpamsi jalin kerjasama dengan perusahaan di bidang IT sebagai pihak yang akan menjadi fasilitas pembuatan peraturan direksi tentang tata cara kerjasama antara BUMD Air Minum dengan badan usaha.

Liputan6.com, Denpasar Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (PERPAMSI) menggandeng Bimasakti Altera, sebuah perusahaan di bidang IT untuk memfasilitasi pembuatan peraturan direksi tentang tata cara kerjasama antara BUMD Air Minum dengan badan usaha.

Kerjasama antara Perpamsi dan Bimasakti Altera ini dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) keduanya yang ditandatangani di Denpasar, Bali, Jumat 28 Agustus 2020. Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut Ketua PERPAMSI Indonesia Edie Kusmayadi dan Direktur Bima Sakti Altera Ir. Ida Bagus Bima Sanjaya.

Menurut Ida Bagus Bima Sanjaya, kerjasama tersebut mencakup untuk pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi teknologi di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum termasuk untuk mengintegrasikan data base sistem informasi (dash board PERPAMSI).

“Dalam rangka pengembangan dan peningkatan pelayanan BUMD Air, PERPAMSI mendorong anggota untuk bekerjasama dengan badan usaha, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Swasta melalui kerjasama B to B (B2) atau Business to Business sebagai alternatif pembiayaan investasi,” kata Ida Bagus Bima Sanjaya kepada Liputan6.com, Senin (31/8/2020).

Menurutnya, cakupan lain kerjasama tersebut, dalam sisi penagihan rekening air di lingkungan Kementerian Pertahanan. Juga kerjasama untuk mengadakan pelatihan IT bagi pegawai BUMD air minum.

Dalam kesempatan itu juga dilangsungkan penandatanganan MoU antara PT. Grunfos. MoU keduanya berisi kerjasama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) BUMD Air Minum berupa pelatihan Perpompaan Dan instrumentasi yang Berbasis IoT utk memasuki Era Industri 4.0.

Bima Sakti Alterra merupakan anak perusahaan dari Alterra Indonesia yang fokus dalam melayani kebutuhan bisnis perusahaan dan organisasi seperti PDAM, pemerintah daerah, rumah sakit, dan lain-lain melalui penyediaan teknologi yang dapat menunjang aktivitas operasional.

Dalam kaitannya dengan PDAM, Bima Sakti Alterra memiliki sebuah produk, yaitu PDAM Pintar yang didedikasikan khusus sebagai solusi dari penyediaan sistem informasi dan data PDAM yang terintegrasi secara digital. Mulai dari back office hingga front office, dengan menggunakan metode yang mengacu pada SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) untuk PDAM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.