Sukses

2 Dokter Positif Covid-19, IGD RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya Tutup 10 Hari

Sebagai gantinya, pelayanan pasien gawat darurat dari rumah sakit milik pemerintah daerah setempat, dialihkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Liputan6.com, Aceh - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, Aceh, sejak Sabtu (29/8/2020) hingga sepuluh hari ke depan atau 7 September 2020, menutup layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) kepada masyarakat setempat karena dua dokter terkonfirmasi positif COVID-19.

"Penutupan layanan IGD ini untuk memutus matarantai COVID-19," kata Direktur RSUD Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Nagan Raya drg Doni Asrin, dilansir Antara.

Menurut dia, penutupan ini dilakukan setelah dua orang dokter umum yang bertugas di IGD RSUD tersebut positif terinfeksi COVID-19 sesuai hasil uji tes usap (swab) beberapa hari lalu. Kedua dokter umum itu masing-masing berinisial RA dan NA.

Sebagai gantinya, pelayanan pasien gawat darurat dari rumah sakit milik pemerintah daerah setempat, dialihkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dengan sistem rujukan.

Penutupan ruangan IGD tersebut, kata dia, juga untuk memudahkan petugas melakukan pembersihan dan sterilisasi ruangan menggunakan cairan disinfektan. Sehingga saat ruangan tersebut nantinya dioperasikan, maka akan lebih steril dari virus atau pun kuman termasuk COVID-19.

Meski menutup layanan IGD di rumah sakit, ia juga memastikan layanan kesehatan di rumah sakit setempat tetap berjalan melalui ruang poli kesehatan pada hari kerja seperti biasa.

"Kalau layanan pasien tetap kita optimalkan melalui poli di rumah sakit, tidak ada kendala," kata Doni Asrin menambahkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.