Sukses

Besok Disuntik Vaksin Covid-19, Begini Persiapan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan kembali menjalani tahapan uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (27/8/2020).

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan kembali menjalani tahapan uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (27/8/2020). Rencananya, Emil, panggilan Ridwan Kamil, akan disuntik vaksin.

Emil yang merupakan salah seorang relawan uji klinis vaksin mengatakan kembali akan menjalani rangkaian tes. Pada kunjungan pertama, dirinya dinyatakan sehat dan negatif Covid-19.

"Saya dilaporkan negatif covid lagi sehingga besok lolos untuk mengikuti penyuntikan pertama di Puskemsas Garuda," ucapnya dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kamis (27/8/2020).

Dua pekan setelah disuntik vaksin Covid-19, Emil menerangkan bahwa dirinya akan mengunjungi lokasi tes klinis. Ia akan memberikan laporan perkembangan yang dialami dan mendapatkan penyuntikan kedua.

"Pemberian vaksin akan berlangsung dua tahap. Di kunjungan ketiga setelah itu dicek darah apakah imunitas saya baik, apakah 90 persen atau lebih. Kalau itu berhasil, tujuan berarti tercapai sehingga bisa menjadi bukti mulailah diproduksi vaksin di Bio Farma," jelasnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini mengaku tidak punya persiapan khusus jelang vaksinasi. Sesuai dengan anjuran dokter, dirinya menjaga kondisi sebelum vaksinasi perdana besok.

"Saya jaga tidur, makan dengan baik, karena vaksin ini jangan sampai orang sakit terus si peneliti menduga sakitnya karena vaksin padahal sakitnya karena perilaku gaya hidup. Saya sudah diwanti untuk menjaga. Saya juga mengurangi perjalanan yang sifatnya jauh dan membuat fisik terkuras," ujarnya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil terdaftar sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 fase III produksi Sinovac. Uji klinis ini dilakukan Bio Farma dengan pelaksana dari tim Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Tak hanya Emil yang mendaftar sebagai relawan uji klinis. Ada tiga pimpinan Forkopimda Jabar yakni Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, serta Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa, yang mengikuti uji klinis tersebut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.