Sukses

DPD RI Soroti Kinerja Pemerintah Atasi Krisis Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Wakil DPD RI Dr Mahyudin menilai jika kinerja pemerintah cukup baik, tapi dalam kunjungannya ke Bali dia menjelaskan bahwa perlu ada yang mengkritisi agar bisa menemukan solusi setiap permasalahan, salah satunya masalah Covid-19.

Liputan6.com, Denpasar Pimpinan DPD RI Mahyudin berkunjung ke Bali ditemani Anggota DPD RI Dapil Bali H Bambang Santoso menemui tokoh masyarakat di Hotel Quest, Denpasar (24/8/2020). Dalam kunjungannya, pimpinan dan anggota DPD RI memberikan gambaran kinerja pemerintah yang cukup baik, namun perlu ada yang dikritisi untuk bisa menemukan solusi bersama dari setiap permasalahan.

Seperti langkah pemerintah dalam mengatasi krisis kesehatan yang berdampak pada perekonomian nasional. Mulai dari memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik dan BLT desa.

Membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, memperoleh banpres produktif berupa bantuan modal darurat. Begitu juga dengan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju dalam beberapa tahun mendatang.

"Secara umum seakarang sudah lebih bagus, tetapi memang masih banyak daerah yang merasa sedikit lebih tertinggal daripada pusat. sehingga bisa perlu dipacu. Itulah peran DPD untuk memperjuangkan kepentingan daerah agar daerah itu lebih berkembang," Kata Mahyudin dalam kunjungan kerjanya di Bali, Senin (24/8/2020). 

[bacajuga:Baca Juga](43 37142 4335710 4334091)

Sementara itu, Anggota DPD RI dapil Bali, H Bambang santoso mengatakan pelaksanaan kebijakan tersebut di lapangan tidak benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Banyak kebijakan yang perlu dibenahi dan disempurnakan pelaksanaannya. “Kebijakan menjadi masih kurang, karena pelaksanaannya masih banyak kekurangan,” ujar dia. 

Sebagus apapun program pemerintah tidak akan benar-benar dirasakan manfaatnya jika pelaksanaannya tidak mengedepankan asas keadilan, pemerataan dan berdampak luas. H Bambang Santoso menyarankan pemerintah untuk benar-benar memperhatikan setiap aspek pelaksanaan, karena itu yang menjadi penentu.

Senator asal Bali tersebut juga sepakat dengan ajakan pemerintah tentang kerja sama seluruh komponen bangsa dengan gotong royong, saling membantu, dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia. Demokrasi memang menjamin kebebasan, namun kebebasan yang menghargai hak orang lain.

Menurutnya, di tengah kondisi krisis seperti saat ini, seluruh masyarakat Indonesia harus saling berangkulan. Saling menyingkirkan ego masing-masing, demi mencapai tujuan bersama menjadikan Indonesia negara yang maju dan sejahtera rakyatnya.

Sebagai perwakilan dari Bali, Senator H Bambang Santoso juga menitipkan aspirasi dari masyarakat tentang dunia pariwisata.

Dia menyebutkan kalau merosotnya sektor pariwisata di Bali yang berdampak langsung kepada masyarakat. Karena masyarakat Bali sangat mengandalkan sektor pariwisata dalam pembangunan. Dia meminta pemerintah untuk membuat kebijakan yang dapat menyentuh secara langsung dunia pariwisata, terutama di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.