Sukses

Antisipasi Lonjakan Arus Kendaraan Libur Panjang di Lembang

Kepala Satlantas Polres Cimahi Ajun Komisaris Susanti Samaniah memprediksi adanya peningkatan arus lalu lintas pada libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Liputan6.com, Bandung - Kepala Satlantas Polres Cimahi Ajun Komisaris Susanti Samaniah memprediksi adanya peningkatan arus lalu lintas pada libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Bahkan, pada hari ini, Sabtu (22/8/2020), peningkatan volume kendaraan di jalur wisata Lembang diperkirakan mencapai 80 persen.

"Kita prediksi puncak arus lalu lintas akan terjadi hari Sabtu dengan perkiraan bisa meningkat sampai 80 persen," kata Santi, Sabtu (22/8/2020).

Santi menjelaskan, pada hari pertama atau Kamis (20/8/2020, volume kendaraan di jalur utama yakni Jalan Raya Lembang, meningkat hingga 40 persen. Sementara Jumat (21/8/2020), volume kendaraan mencapai 60 persen.

Adapun kendaraan kebanyakan menuju Lembang pada siang hari dan pada malam hari kebanyakan menuju arah Bandung. Kendaraan pribadi mendominasi jalur wisata Lembang dengan plat B dan D terpantau lebih dominan.

Guna menghadapi puncak arus kendaraan hari ini, Santi mengatakan Satlantas Polres Cimahi sudah menyiapkan sekitar 100 personel untuk mengurai kemacetan di kawasan Lembang. Selain itu, beberapa metode pengaturan lalu lintas akan diterapkan untuk mengatasi kemacetan. 

"Kami sudah menempatkan anggota Satlantas di titik-titik rawan macet dan tempat wisata. Untuk traffic cone, barrier, dan juga kanalisasi sudah dipasang di gerbang masuk objek wisata untuk penyeberang jalan," katanya.

Santi mengatakan, petugas akan sesekali melakukan buka tutup jalur jika didapati kendaraan mengular sampai RSUD Lembang. Kendaraan akan ditarik ke arah utara satu jalur agar kepadatan bisa terurai.

Adapun arus balik libur panjang diprediksi akan terjadi pada Minggu (23/8/2020). "Kemungkinan hari Minggu kendaraan mulai kembali ke Jakarta dan daerahnya masing-masing," ucapnya.

Seperti diketahui, kawasan Lembang memiliki sejumlah destinasi wisata mulai dari The Great Asia Africa, Farmhouse, Gunung Tangkuban Parahu, Floating Market, Dusun Bambu, dan The Lodge Maribaya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.