Polres Banyuasin Siapkan Pelakor dan Selingkuh Demi Kantongi Predikat WBK

Oleh Nefri Inge pada 21 Agu 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 02 Sep 2020, 15:58 WIB
Ilustrasi korupsi.
Perbesar
Ilustrasi korupsi.

Liputan6.com, Palembang - Ada beragam cara yang dilakukan instansi untuk mengantongi predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). Salah satunya juga dilakukan Polres Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Namun ada cara unik diterapkan di Polres Banyuasin, untuk memantapkan diri sebagai instansi yang bebas dari tindakan korupsi.

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar mengatakan, dirinya beserta jajaranPolres Banyuasin Sumsel optimistis bisa meraih predikat ZI-WBK.

Untuk mengantongi predikat tersebut, beragam inovasi diterapkan di Polres Banyuasin. Nama-nama inovasinya pun cukup unik.

“Seperti Catatan Kepolisian Kerumah Anda (GO-Cakra), Bhayangkara Perpustakaan Keliling (Busling) dan Jumat Berbagi dan Jumat Bersih (Juber),” ucapnya di Banyuasin, Jumat (21/8/2020).

Ada juga inovasi yang disingkat dengan nama yang cukup menggelituk, yaitu Pelayanan Konseling Penyalahguna Narkoba (Pelakor), Konseling dan Konsultasi Hukum (Selingkuh) dan Bhayangkara Ingin Selalu Penuh Keakraban (Bispak).

Lalu, inovasi lainnya dengan singkatan nama cukup unik seperti Sabhara Selalu Ada Untukmu (Bedalu), Dai Pemelihara Kamtibmas (D-Harkamtibnas) dan Selalu Dekat Dihati-ku (Sedetik).

"Sedetik merupakan pelayanan besuk online. Keluarga bisa menghubungi tersangka secara bertatap muka, melalui aplikasi video call. Terutama bagi keluarga yang tidak dapat membesuk langsung, di rutan Polres Banyuasin," katanya.

Ada juga Sat Lantas dan Sat Binmas, yang bekerjasama untuk membangun dunia Pendidikan di wilayah hukum Polres Banyuasin, atau disingkat Srikandi Pendidik.

Inovasi lainnya yang dihadirkan di Polres Banyuasin yaitu Polisi Untuk Masyarakat (Puma), Polisi Sosialisasi Cegah Covid 19 (Psico), Bhayangkara Tanggap Tangkal Covid-19 (Batako), Bersama Tanggap Kesehatan (Betangas).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :


Kunker Kemenpan-RB

20160407-Ilustrasi Korupsi iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Korupsi (iStockphoto)

“Kita juga menyediakan layanan Bersama Polisi Raih Mimpi (Samo Rapi), Bhayangkara Kuat dan Aktif (Bangkit) dan Selalu Melayani Sepenuh Hati (Selasih),” ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Prof Diah Natalisa, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Banyuasin, pada hari Selasa (18/8/2020).

Dalam kunjungannya, Deputi Kemenpan RB tersebut mengecek sejumlah fasilitas pelayanan publik Polres Banyuasin.

Diantaranya Ruang Pelayanan Terpadu SPKT, Comand Centre dan ruang pelayanan Satpas SIM Polres Banyuasin.

“Banyak sekali peningkatannya. Namun Untuk meraih ZI-WBK, harus dilakukan perbaikan yang berkelanjutan, selalu berinovasi dan terus dikembangkan pelayanan prima, transparansi dan anti korupsi,” katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya