Sukses

Pembentukan Pokdarwis, Langkah Nyata Gairahkan Sektor Pariwisata Manado

Sektor pariwisata Manado yang sebelumnya sempat redup akibat pandemi Covid-19, kini mulai bergairah lagi.

Liputan6.com, Manado - Kebangkitan sektor pariwisata di Kota Manado ditandai dengan dideklarasikannya pelaksanaan kebiasaan baru industri pariwisata oleh Wali Kota GS Vicky Lumentut di puncak Pulau Manado Tua, Senin (17/8/2020) lalu.

Pelaku usaha kini mulai dapat bernafas lega karena tempat usaha pariwisata dapat dibuka di fase adaptasi kebiasaan baru ini, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menindaklanjuti itu, Dinas Pariwisata Kota Manado langsung beraksi di lapangan dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melalui kegiatan Pembentukan dan Pelatihan Pokdarwis. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan selama dua hari sejak Selasa - Rabu (18-19/8/2020).

Asisten II Setda Kota Manado Philips Benyamin Sondakh memberikan apresiasi pembentukan dan pelaksanaan pelatihan tersebut. Sektor pariwisata Manado yang sebelumnya sempat redup akibat pandemi Covid-19 kini mulai bergairah lagi.

“Peran serta masyarakat untuk terlibat langsung sangat penting, bersama pemerintah dan pelaku usaha pariwisata untuk peningkatan kualitas dan pengembangan wisata khususnya di wilayah Bunaken Kepulauan dan sekitarnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, membangun sikap dan dukungan positif masyarakat terhadap industri pariwisata maka kehadiran Pokdarwis ini sangat diperlukan.

"Ingat pariwisata adalah kenangan, maka kita wajib untuk menjaga dan merawatnya secara bersama, mulai dari sikap yang ramah serta menjaga kebersihan di lokasi wisata di Manado,” ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.