Sukses

Kepala Dinas Kesehatan Serdang Bedagai Terkonfirmasi Positif COVID-19

Liputan6.com, Medan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) dr Bulan Simanungkalit, terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Saat ini Bulan sedang dalam perawatan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) Aris Yudhariansyah membenarkan Kadis Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai terkonfirmasi positif COVID-19, dan sedang dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh, Kota Medan.

"Benar, dr Bulan positif COVID-19. Saat ini kondisinya stabil," kata Aris, Kamis (20/8/2020).

Terkait status positif COVID-19 yang dialami Kepala Dinas tersebut, pihak Gugus Tugas Serdang Bedagai sedang melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak erat. Hal ini menjadi Standard Operational Procedure (SOP) penanganan COVID-19.

"Untuk siapa saja yang kontak erat, sedang di-tracing," ujarnya.

Mengenai sejak kapan Bulan dirawat di rumah sakit, Aris mengaku tidak tahu secara pasti. Kemungkinan, Bulan terpapar virus Corona COVID-19 pada minggu ini.

"Kurang tahu pasti, kemungkinan minggu ini beliau dirawat di rumah sakit," sebutnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus COVID-19 di Sumut

Kasus virus Corona COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai hingga 19 Agustus 2020 positif sebanyak 116 orang, sembuh 43 orang, dan meninggal dunia 4 orang. Catatan ini berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @humassumut.

Di Sumut, secara keseluruhan kasus COVID-19 sebanyak 5.898 orang positif, bertambah 78 orang dari sehari sebelumnya. Sedangkan jumlah yang sudah sembuh bertambah 94 orang menjadi 2.833 orang. Meninggal dunia sebanyak 260 orang, bertambah 3 orang dari sehari sebelumnya.

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, hanya Nias Barat dan Pakpak Bharat yang ‘bersih’ dari COVID-19. Sementara itu, Medan adalah kota ‘penyumbang’ jumlah positif COVID-19 terbanyak, yaitu 3.447 orang, sembuh 1.501 orang, dan meninggal dunia 180 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.