Sukses

Sapa Ananda, Bocah NTT yang Mejeng di Uang Kertas Pecahan 75 Ribu

Bank Indonesia (BI) baru-baru ini mengeluarkan uang pecahan baru Rp 75 ribu. Pada uang kertas itu, terdapat foto beberapa anak-anak yang mengenakan pakaian adat daerah, termasuk NTT.

Liputan6.com, Kupang - Bank Indonesia (BI) baru-baru ini mengeluarkan uang pecahan baru Rp 75 ribu. Pada uang kertas itu, terdapat foto beberapa anak yang mengenakan pakaian adat daerah, termasuk NTT.

Foto Ananda Saubaki, bocah 8 tahun asal NTT ikut terpampang dalam uang kertas pecahan Rp75.000 yang diluncurkan Senin (17/8/2020) lalu.

Tely Saubaki, ibu kandung Ananda mengatakan, pada tahun 2019, kantor Bank Indonesia meminta mereka mengirimkan foto siswa SDN Naikoten 1 itu dengan busana adat NTT dan dikirimkan ke BI pusat guna mengikuti seleksi.

Setelah beberapa bulan, Ananda terpilih dari pusat mewakili kantor perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Provinsi NTT untuk melakukan pemotretan.

"Sesi pemotretan pada 7 Agustus 2019 lalu," ujarnya kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

Ia mengatakan, awalnya pihak BI tidak memberitahu tujuan pemotretan tersebut karena masih bersifat rahasia. "Saya juga tidak tahu mau dimuat di mana, hanya katanya masih bersifat rahasia," kata ibunda bocah kelahiran 19 Desember 2012 itu.

Tely pun kaget ketika mengetahui, foto anaknya masuk dalam uang kertas pecahan Rp75 ribu. Sebagai orangtua, Tely mengaku bangga karna foto Ananda ada dalam pecahan uang 75 ribu tersebut.

"Pastinya kami bangga. Ini akan menjadi bukti sejarah dari generasi ke generasi," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.