Sukses

Puluhan Layangan Jumbo Hiasi Langit Mamasa pada Hari Proklamasi

Demi menyemarakkan HUT ke-75 RI, sejumlah pemuda di Kelurahan Mambi Mamasa menggelar festival layang-layang.

Liputan6.com, Mamasa - Langit di Kelurahan Mambi, Kecamatan Mambi, Mamasa, Sulawesi Barat tiba-tiba dipenuhi dengan berbagai jenis layangan pada Hari Proklamasi. Ternyata, sejumlah pemuda di daerah itu menggelar festival lomba layang-layang untuk menyemarakkan HUT ke-75 RI.

Festival yang dipusatkan di lapangan sepakbola Kelurahan Mambi itu diikuti oleh puluhan peserta, yang berasal dari berbagai daerah di Kecamatan Mambi dan sekitarnya. Terdapat dua ketegori dalam lomba ini, yakni layangan ukuran di atas dua meter dan di bawah satu meter.

"Peserta 50 tim, dalam satu tim tiga orang. Ketegori yang diperlombakan yakni layang-layang jenis Marra' minimal 2 meter dan ketegori bebas untuk layang-layang 1 meter," kata Rahmat Ketua Panitia Lomba kepada Liputan6.com, Senin (17/08/2020).

Rahmat menuturkan, dirinya tak menyangka kegiatan yang diprakarsai para pemuda ini mendapatkan antusiasme sangat besar dari masyarakat. Festival yang awalnya direncanakan selama satu minggu ini, bisa saja semakin lama karena banyaknya peserta.

"Sepertinya kegiatan ini akan berlangsung lama. Karena kriteria penilaian kami itu ada beberapa aspek, pertama dilihat dari motif layangan, kerapian dan tingkat kemiringan benang," ujar Rahmat.

Rahmat juga mengungkapkan, ada satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh para peserta untuk mengikuti lomba layangan ini. Selain harus memiliki layangan yang sesuai kategori, mereka juga harus menaati protokol kesehatan, meskipun daerahnya masih tergolong zona hijau Covid-19.

"Dengan adanya festival layang-layang ini, dapat meningkatkan silaturahmi serta membangun kreativitas masyarakat di Kecamatan Mambi dan semoga festival ini dapat berjalan dengan lancar," harap Rahmat.

Zulkifli salah seorang peserta merasa senang dengan diselenggarakannya festival ini, menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menghibur masyatakat, apa lagi selama beberapa bulan terakhir masyarakat selalu berkutat dengan persoalan Covid-19.

"Sangat senang dengan adanya kegiatan lomba layang-layang ini, apa lagi kita dalam suasana kemerdekaan. Masyarakat patut merayakannya," tutup Zulkifli.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.