Sukses

Viral Penampakan Lafaz Allah di Perbukitan Kota Sawahlunto

Ade Rahardian yang juga relawan kebencanaan mengatakan, ia tak sengaja menlihat guratan lafaz Allah itu di aplikasi Google Earth.

Liputan6.com, Sawahlunto - Masyarakat Sumatera Barat dihebohkan dengan adanya temuan yang membentuk lafaz Allah di wilayah perbukitan Kota sawahlunto. Guratan tersebut tertangkap oleh Citra Satelit Google.

Guratan itu pertama kali diunggah oleh Ade Rahardian dikanal youtubenya pada 6 Agustus 2020. Ade memberi judul videonya dengan "Lafadz Allah di Google Map Sumatera Barat".

Kemudian beberapa akun di Instagram mengunggah ulang video tersebut, dan akhirnya viral di media sosial terutama di Sumatera Barat.

Ade Rahardian yang juga seorang relawan kebencanaan mengatakan, ia tak sengaja melihat guratan lafaz Allah itu ketika baru selesai menginstal aplikasi Google Earth ditelepon genggamnya.

"Ketika itu saya melihat peta Sumbar secara detail untuk kegempaan," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (16/82020).

Kemudian ia memutar peta di Sawahlunto, dan menemukan seperti lafaz Allah. Awalnya dirinya tidak yakin, namun setelah diperbesar ternyata memang persis seperti tulisan Allah.

Jika dilihat dari peta, guratan lafaz Allah tersebut berada di daerah Talawi, Kota Sawahlunto, tetapi ia tidak mengetahui apakah guratan tersebut terbentuk alami atau buatan manusia.

"Apakah sawah atau kebun dan bahkan lereng tidak tahu juga," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Penampakan

Dari pantauan Liputan6.com menggunakan aplikasi Google Earth, penampakan lafaz Allah di daerah tersebut memang benar adanya. Namun tidak jelas secara rinci daerah tersebut apakah sawah atau perkebunan ketika tampilannya diperbesar.

Tetapi, baru-baru ini sebuah akun di Instagram juga mengunggah video lafaz Allah yang ditemukan Ade Rahardian tersebut. Akun bernama @eliticca memperlihatkan dua orang lelaki yang berada di area lafaz Allah itu.

Kemudian mereka merekam dengan kamera drone. Dari video tersebut terlihat dengan jelas lafaz Allah, di lokasi tersebut tampak kawasan itu merupakan ladang dan sawah.

Dalam unggahan @eliticca tersebut juga ditulis deskripsi tentang kebesaran Allah, ia juga menulis lokasinya di Desa Bukit Gadang, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.