Sukses

Aksi Pembentangan Bendera Raksasa di Tengah Laut Teluk Palu Jelang Peringatan Kemerdekaan

Aksi-aksi nasionalisme jelang puncak peringatan kemerdekaan yang ke-75 semarak di Kota Palu

Liputan6.com, Palu - Aksi-aksi nasionalisme jelang puncak peringatan kemerdekaan Indonesia semarak di Kota Palu. Salah satunya seperti yang dilakukan komunitas renang, yang membentangkan bendera raksasa di tengah laut Teluk Palu.

Aksi itu dilakukan sekitar pukul 08.30 Wita di sekitar Pantai Kampung Nelayan, Kota Palu. Lebih dari 60 orang terlibat untuk membentangkan bendera raksasa itu di tengah laut Teluk Palu. Selain anggota Palu Swimming Club, aksi itu juga dibantu personel polisi dan masyarakat.

Prosesi pembentangan bendera itupun layaknya upacara bendera. Ada pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45 yang mengantar bendera ke tengah laut. Saat di tengah, bendera itupun dibentangkan perlahan dengan iringan lagu Indonesia Raya.

“Kami lakukan pembentangan bendera sesuai dengan kaidah pengibaran bendera. Ini yang pertama kali dilakukan di Kota Palu,” Muslimin, Ketua Palu Swimming Club mengatakan, Sabtu (15/8/2020).

Rencananya aksi serupa akan jadi kegiatan tetap saat peringatan kemerdekaan pada tahun-tahun berikutnya. Kata muslimin tahun depan pihaknya mengupayakan dapat membentangkan bendera dengan ukuran yang lebih besar dari kali ini.

Aksi memperingati kemerdekaan dari pecinta renang Kota Palu itu disambut antusias oleh pengunjung pantai Kampung Nelayan yang merupakan salah satu objek wisata di Kota Palu itu. Ratusan warga telah berkumpul sejak awal aksi dilakukan. Bentangan sempurna bendera itu juga jadi klimaks aksi itu.

“Merdeka.. merdeka.. merdeka,” teriak warga di tepi pantai.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.