Sukses

Ada Wisatawan Terkepung Api Saat Kawasan Cagar Alam Wae Wuul Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di kawasan Cagar Alam Wae Wuul, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (13/8/2020), sekitar pukul 19.00 wita.

Liputan6.com, Kupang - Kebakaran hebat terjadi di kawasan cagar alam Wae Wuul, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (13/8/2020), sekitar pukul 19.00 wita.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT, Timbul Batubara, membenarkan kejadian itu. Meski demikian, kebakaran hutan itu tidak masuk ke wilayah Taman Nasional Komodo.

"Di Cagar Alam Wae Wuul," ujarnya kepada wartawan, Kamis malam.

Menurut dia, saat ini petugas BBKSDA dan unit pemadam kebakaran sedang berada di lokasi berupaya memadamkan api.

Salah satu wisawatan, melalui video singkanya, mengaku kebakaran sudah mendekati villa di daerah Wingkol, jajaran Pulau Komodo. Beberapa rombongan wisatawan kesulitan dievakuasi, sementara api semakin mendekat.

"Saat ini api sudah mendekat dan mengepung villa lokasi kami menginap. Kami bergeser ke arah pantai untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Wilayah yang terbakar ini merupakan bagian dari kawasan ekonomi khusus KTT G-20 yang memiliki luas 1.484,84 hektare yang merupakan habitat satwa komodo, rusa, babi dan kuda liar.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.