Sukses

Pemkot Bengkulu Gelar Lomba Hafal Hadis untuk Anak Muda Kreatif

Peserta yang mendaftar diharuskan membuat video pendek tentang Bengkulu Kota Hadis.

Liputan6.com, Bengkulu - Kesempatan bagi pelajar, mahasiswa, dan anak-anak muda Bengkulu untuk berkreativitas dengan mengikuti lomba video kreatif menghafal hadis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi lokal. Lomba ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI.

Peserta yang mendaftar diharuskan membuat video pendek tentang Bengkulu Kota Hadis. Hadiah uang tunai dan piagam untuk peserta yang menang dalam lomba ini sudah disiapkan bagi para pemenang yang dinilai oleh dewan juri secara independen.

Untuk juara I mendapat uang tunai sebesar Rp3 juta dan piagam, juara II Rp2 juta dan piagam, juara III Rp1,5 juta dan piagam. Kemudian untuk juara IV atau harapan I uang tunai Rp750 ribu dan piagam, harapan II Rp500 ribu dan piagam, juara harapan III Rp250 ribu dan piagam. Setiap peserta yang memenuhi persyaratan lomba juga akan mendapatkan E-sertifikat JTonline.

Koordinator kepanitiaan dari Diskominfosan Kota Bengkulu, Hendri Akbar mengatakan penilaian terdiri dari 3 poin yakni yang pertama kelengkapan dan kesesuaian persyaratan lomba. Poin kedua penilaian berdasarkan interaksi 70% dari medsos YouTube yakni dilihat dari Subscriber, view, dan like, yang terdapat pada masing-masing video peserta yang telah diunggah di channel YouTube media center Kota Bengkulu. Poin ketiga, penilaian berdasarkan tim juri pemkot/Kominfosan Kota Bengkulu.

"Karya peserta wajib follow media sosial milik media center Kota Bengkulu," ujar Hendri di Bengkulu Kamis, 6 Agustus 2020.

Media sosial tersebut adalah Akun Facebook Info Media Center Kota Bengkulu, Instagram mediacenter_kotabengkulu, YouTube channel Media Center Pemerintah Kota Bengkulu. Kemudian HD TV Kota Bengkulu di facebook hdtvkotabengkulu IG hadtvkotabengkulu, YouTube HD TV Kota Bengkulu. Selanjutnya HD Radio Kota Bengkulu di akun FB Hidayah FM, IG hidayahfm.

Teknisnya, peserta harus mengunggah video kreatif menghafal hadis ke Google Drive, mengirimkan scan/foto identitas (KTP, kartu mahasiswa, kartu pelajar), seluruh file dan link video dari Google Drive dikirim ke alamat email kominfo@bengkulukota.go.id dengan format LOMBA_VKMH_NAMA LENGKAP/NAMA TIM_KELURAHAN ASAL.

"Peserta lomba terbuka untuk semua kalangan tidak ada batasan usia dalam perlombaan ini. Peserta boleh perseorangan, duet atau grup, peserta yang mendaftar siap mengikuti aturan yang diberlakukan panitia," jelas Hendri.

Kriteria video, sambung Hendri, menghafal 5 dari 40 hadis yang ditentukan oleh Pemkot Bengkulu, video yang dilombakan merupakan ekspresi bebas namun tetap menjaga nilai-nilai Islam, kesopanan, dan tidak menyinggung SARA.

Video yang akan dinilai harus dipastikan belum pernah diunggah di media sosial manapun, video merupakan hasil original yang dibuat oleh peserta lomba, semua video hasil karya peserta akan menjadi hal milik Pemkot Bengkulu melalui Diskominfosan Kota Bengkulu.

Pendaftaran telah dibuka sejak 5 Juli dan akan ditutup tanggal 10 Agustus pukul 23.59 WIB. Kemudian pada tanggal 10 sampai 12 adalah masa seleksi oleh panitia di kominfosan yang nilai bobot penilaiannya 30 persen.

Hasil seleksi panitia itu akan diunggah di channel YouTube media center Kota Bengkulu. Selanjutnya penilaian oleh masyarakat berdasarkan jumlah view, komentar, dan like. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.