Puncak Arus Balik Diprediksi Sampai Tengah Malam, Hindari Jalur Selatan Arah Bandung

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2020, 20:20 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 20:48 WIB
Puncak arus balik di Tol Cikampek. (Liputan6.com/Abramena)
Perbesar
Puncak arus balik di Tol Cikampek. (Liputan6.com/Abramena)

Liputan6.com, Bandung - Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa, mengatakan, puncak arus balik Idul Adha 2020 di jalur selatan ke arah Bandung terjadi hingga tengah malam, Minggu.

Menurutnya kepadatan arus di jalur selatan menuju arah Bandung sudah mulai terjadi dari pukul 11.00 WIB. Khususnya kendaraan yang dari arah Tasikmalaya dan Garut.

"Puncaknya sore hari sampai malam, perkiraan sampai tengah malam," kata Erik di Bandung, Minggu (2/8/2020).

Dia mengatakan, kepadatan arus terjadi di beberapa titik, yakni di kawasan Nagreg, Rancaekek kawasan PT Kahatex, dan jalur menjelang Gerbang Tol Cileunyi.

Namun ia memastikan, kepadatan tersebut tidak terlalu berarti karena arus lalu lintas masih tetap bergerak dan hanya menyebabkan perlambatan laju kendaraan.

"Tapi untuk jalur sendiri yang mengarah ke Gerbang Tol Cileunyi semuanya lancar, tapi karena frekuensinya yang tinggi, terjadi perlambatan," kata Erik dilansir Antara.

Setelah puncak arus balik nampak, ia mengimbau masyarakat agar menghindari waktu-waktu puncak arus balik tersebut. Karena apabila masyarakat keluar secara bersamaan, maka kepadatan akan meningkat dan menyebabkan kemacetan.

Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan arus balik untuk menghindari antrean.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudian patuhi arahan petugas di lapangan, apabila membutuhkan bantuan, silakan mendekati pos pengaman yang kita dirikan," kata dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓