Sukses

Miliki Mobil PCR Standar WHO, Pemprov Sulut Percepat Penanganan Covid-19

Mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes PCR.

Liputan6.com, Manado - Membantu penanganan pandemi ini, Rajawali Foundation memberikan bantuan kepada Pemprov [Sulut](4315402/ "") berupa satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) berstandar WHO dari Rajawali Foundation.

Bantuan senilai Rp4,2 miliar ini diserahkan perwakilan Rajawali Foundation yakni Rudi dan Satrio kepada Kepala BPBD Sulut Joy Oroh sambil disaksikan Kepala BNPB Doni Monardo di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes PCR.

"Kita memiliki mobil PCR yang bisa menguji 120 sampel dalam waktu cuma 8 jam," ungkap Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Mobil laboratorium ini memiliki bio safety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya.

"Ini untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi WHO,” papar Olly.

Pandemi Covid-19 di Sulut belum juga mereda. Hingga, Kamis (30/7/2020), akumulasi kasus positif mencapai 2.500 kasus.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.