Sukses

Upaya Gubernur Edy Wujudkan Kota Baru di Deli Serdang

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berupaya mewujudkan kota baru di Kabupaten Deli Serdang. Upaya tersebut disampaikan Edy kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Liputan6.com, Deli Serdang Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berupaya mewujudkan kota baru di Kabupaten Deli Serdang. Upaya tersebut disampaikan Edy kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Keduanya meninjau langsung lokasi kota baru, yang juga akan dijadikan Sport Centre, yaitu di Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang, Rabu, 29 Juli 2020. Edy menjelaskan secara langsung rencana proyek pembangunan yang akan dilaksanakan di dua lahan, yakni seluas 92,8 hektare untuk sarana Sport Centre dan 7,02 hektare untuk bisnis center.

"Ini akan menjadi kota baru di Deli Serdang. Kami juga telah berkoordinasi dengan Bupati Deli Serdang dalam menyiapkan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR)," kata Gubernur Edy.

Dalam pembangunannya, kawasan fasilitas olahraga bertaraf internasional tersebut akan dilalui jalur Kereta Api dan Moda Raya Terpadu (MRT). Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas, juga akan dilakukan pelebaran jalan umum di kawasan tersebut.

Menteri ATR /Kepala BPN, Sofyan Djalil, menyampaikan dukungan terhadap pembangunan Sport Centre, dan meminta Edy Rahmayadi melakukan pengawasan dalam pembangunan nantinya. Diharapkan seluruh bangunan dan konstruksi lainnya dapat kokoh dan bertahan lama.

"Yang utama harus diawasi dalam pembangunan, agar seluruh bangunan kokoh dan kuat untuk waktu lama," sebut Sofyan Djalil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Selesaikan Kerohiman

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut, Dadang Suhendi menyampaikan, dalam waktu dekat ini pihaknya beserta Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumut akan segera menyelesaikan kerohiman untuk 332 masyarakat yang telah melakukan cocok tanam dan pembangunan tempat tinggal di lokasi tersebut.

"Sampai saat ini kita telah melakukan pendataan seluruhnya, dan akan berkordinasi dengan Pemprov Sumut," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian menjelaskan, dalam 4 tahun ini Pemprov Sumut akan menyelesaikan pembangunan di Sport Centre. Di tengah lokasi akan dibangun stadion utama berkapasitas 75.000 penonton dengan desain gedung stadion berbentuk kelapa sawit.

"Kita melakukan sosialisasi untuk mengganti tanaman dan bangunan yang ada di atasnya, karena ada penggarap. Kita akan melaksanakan pembangunan-pembangunan secara bertahap mulai 2021," ucap Bahar.

3 dari 4 halaman

Target Tuan Rumah PON 2024

Diungkapkan Baharuddin, pada 14 Agustus 2020 ini tahap pelaksanaan ground breaking akan segera dilaksanakan. Percepatan pembangunan ini untuk mengejar rencana Sumut menjadi tuan rumah PON ke-21 tahun 2024 bisa terwujud.

"Kita terus kejar agar bisa sukses, dan kita memiliki kawasan olahraga yang representatif yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sumut," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.