Sukses

Hasil Tes Swab Massal, 23 Pegawai BPJS Kesehatan Medan Positif COVID-19

Liputan6.com, Medan Kasus terkonfirmasi positif virus Corona COVID-19 di lingkungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kota Medan bertambah. Jika sebelumnya ada 9 pegawai positif, kali ini ada 23 pegawai positif.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Medan, Sari Quratul Ainy membenarkan adanya 23 pegawai mereka terkonfirmasi positif COVID-19. Para pegawai tersebut tidak dirawat, melainkan diisolasi di rumah sakit karena berstatus Orang Tanpa Gejala atau OTG.

"Mereka diketahui terinfeksi COVID-19 setelah dilakukan tes swab massal baru-baru ini," kata Sari, Rabu (29/7/2020).

Dijelaskannya, tes swab massal dilakukan terhadap para pegawai BPJS Kesehatan cabang Medan karena masa isolasi 9 pegawai yang sebelumnya positif COVID-19 telah selesai. Untuk memastikan benar-benar negatif, dilakukan tes swab lanjutan.

"Berangkat dari kondisi tersebut, saka sesuai protokol untuk return to work dilaksanakan tes swab ulang," jelasnya.

Diungkapkan Sari, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan. Koordinasi sudah terlaksana dengan baik, dan penanganan terhadap pegawai dimonitor secara rutin. Kemudian dilaporkan ke Dinkes Medan secara berkala.

"Tujuan tes swab massal bagi pegawai untuk melindungi peserta yang datang ke kantor cabang," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelayanan Langsung Dihentikan Sementara

Untuk sementara waktu pelayanan langsung di Kantor BPJS Kesehatan cabang Medan, Jalan Karya, Kelurahan Karang Berombak, Medan Barat, dihentikan sampai masa isolasi selesai. Langkah ini diambil untuk mencegah penularan COVID-19.

"Masa isolasi sudah lewat, tetapi masih menunggu hasil swab minggu ini. Lalu diputuskan pelayanan langsung di kantor kapan bisa dibuka kembali," terang Sari.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengakui, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan cabang Medan.

"Saat ini ada 23 pegawai terkonfirmasi positif COVID-19. Sebelumnya ada sembilan positif dan satu negatif," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Lakukan Tracing

Disebutkan Mardohar, pihaknya sedang melakukan penelusuran kontak erat atau tracing terhadap 23 pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19. Tracing juga dilakukan terhadap keluarga para pegawai tersebut.

"Domisili para pegawai tak semuanya tinggal di Medan, ada di Deli Serdang. Kita koordinasi dan harapkan pihak Gugus Tugas Deli Serdang bergerak cepat," Mardohar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.