Intip Hasil Uji Seka Teranyar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo

Oleh Fajar Abrori pada 29 Jul 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 14:00 WIB
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)
Perbesar
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo kini sudah bisa bernapas lega setelah semua hasil uji seka atau swab test keluar. Uji seka terakhir yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo juga menunjukkan hasil negatif Covid-19.

"Alhamdulillah hasilnya negatif," kata Achmad Purnomo ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu, 29 Juli 2020.

Hasil tersebut merupakan hasil uji seka terakhir oleh Dinkes Kota Solo pada Selasa, 28 Juli 2020. Spesimen lendir hidung dan tenggorokan diuji dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

"Kemarin di-swab dan tadi jam 05.00 WIB Pak Wali mengabari lewat WA (WhatsApp) kalau hasilnya negatif. Hasilnya cepat banget keluar karena Pak Wali minta ke gubernur minta diprioritaskan," ujarnya.

Dengan hasil tersebut, kini Purnomo semakin yakin bahwa dirinya sudah sembuh dan tidak terpapar lagi Covid-19. Apalagi, hasil tersebut juga sama dengan hasil swab test mandiri yang dilakukan dua dokter dari Rumah Sakit Kasih Ibu Solo pada 24 Juli 2020 lalu. Swab mandiri itu hasilnya lebih dulu keluar pada Senin sore, 27 Juli 2020 lalu.

"Hasil ini jadi menyakinkan saya bahwa saya sudah tidak Covid karena hasilnya negatif," kata dia.

2 dari 3 halaman

Kumpul Keluarga

Lantas, kini Purnomo pun sudah bisa bertemu dengan anggota keluarganya setelah beberapa hari karantina mandiri di paviliun belakang rumahnya. Ia menjalani karantina mandiri itu setelah hasil swab test Dinkes Kota Solo keluar pada Kamis, 23 Juli 2020 lalu.

"Saya isolasi mandiri di paviliun belakang yang terpisah dengan induk rumah. Saya sendirian di sana. Tapi ada hasil negatif ini saya sekarang sudah bisa bertemu istri dan tidur sekamar lagi," ungkapnya.

Ia pun ingin segera bisa kembali kerja untuk menunaikan tugasnya sebagai Wakil Wali Kota Solo. Hanya saja waktu paling tepat untuk masuk kerja kembali pada pekan depan. "Mungkin nanti Senin sudah masuk kantor," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓