Sukses

Saat Polisi Turun Tangan Bantu Perekonomian Nelayan di Pesisir Manado

Pandemi Covid-19 memukul banyak sektor perekonomian rakyat, termasuk para nelayan di pesisir Manado.

Liputan6.com, Manado - Meski sudah memulai era adaptasi kebiasaan baru, namun dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan warga. Termasuk para nelayan yang berada di wilayah pesisir Manado, Sulut. Aparat kepolisian ikut ambil bagian membantu warga nelayan.

“Selama beberapa bulan terakhir ini kami kesulitan untuk melaut. Selain karena biaya bahan bakar, pembatasan pergerakan orang juga jadi penghambat,” ujar Jackson, salah satu nelayan di Kecamatan Tuminting Manado.

Dia merasa bersyukur ketika pemerintah kemudian melonggarkan aktivitas warga, sehingga mereka bisa kembali bekerja dengan perasaan tenang. Apalagi berbagai bantuan mulai dikucurkan pemerintah, termasuk dari Polresta Manado.

“Ya, kami berharap ekonomi bisa kembali bangkit. Kami bisa kembali bekerja dengan normal,” paparnya.

Sabtu (25/7/2020), Polresta Manado bekerja sama dengan pihak Pemkot Manado menyerahkan bantuan bibit ikan kepada para nelayan yang berada di pesisir pantai Kelurahan Sindulang Satu, Lingkungan III, Kecamatan Tuminting, Manado. Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan panen ikan hasil bantuan pemerintah beberapa bulan lalu.

"Saat ini kita memanen ikan yang sudah dipelihara oleh kelompok nelayan yang diawali dengan satu sekarang sudah 11 keramba," tutur Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoly.

Laloly mengatakan, perkembangan potensi perikanan ini cukup baik dan Polresta Manado akan mendukung para nelayan di tengah pandemi yang telah memukul perekonomian.

"Kami ingin mendukung program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan, termasuk sektor perikanan serta dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar," tutur Laoly.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengimbau untuk tetap menjaga kesehatan, waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kami telah mencanangkan program marijo bakobong dalam rangka menjaga ketahanan pangan Kota Manado," jelas Lumentut.

Wali Kota juga berterima kasih kepada Polresta Manado yang telah mendukung program pemerintah di mana bukan hanya mengupayakan di bidang bertani saja tetapi juga mengusahakan di bidang perikanan dan kelautan.

"Pemerintah akan mendukung semua kegiatan yang baik untuk menghidupkan kembali perekonomian warga Manado," ujar Lumentut.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.