Sukses

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah Positif Covid-19

Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah mengakui dirinya positif Covid-19.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah mengakui dirinya positif Covid-19.

Hal itu diungkapnya melalui sebuah rekaman video berdurasi 3 menit 17 detik yang diunggahnya ke akun pribadi media sosialnya, Kamis (22/7/2020).​​​​​​ Ahmadi menginformasikan bahwa hasil tes usap tenggorokan (swab) menunjukkan dirinya positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi.

"Pada Rabu (22/7) malam saya baru saja mendapat informasi hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) sampel 'swab' yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2020. Berdasarkan hasil sampel tersebut saya terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Ahmadi menyebutkan, pengakuan secara langsung yang dilakukannya tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Covid-19 bukanlah sebuah aib yang harus ditutupi.

"Pasien positif beserta keluarga tak harus dikucilkan, tak harus menjadi pergunjingan, melainkan harus diberikan semangat serta diberikan doa agar dapat segera sembuh," katanya.

Dikatakannya bahwa Covid-19 bisa menulari siapa saja tanpa pandang bulu. Karena itu, keterbukaan informasi akan mempermudah tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam melaksanakan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan.

Dalam video berdurasi tiga menit 17 detik tersebut, Ahmadi menyatakan kondisinya tetap sehat, tanpa merasakan gejala. Saat ini dirinya beserta keluarga langsung melakukan isolasi mandiri di rumah.

Langkah isolasi mandiri yang dilakukannya sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mengingat dirinya terkonfirmasi positif tanpa gejala.

Di akhir video, Ahmadi mengharapkan warga Kotawaringin Barat tidak panik dan terus menjaga kesehatan diri dengan menjaga pola hidup sehat, mematuhi protokol kesehatan serta imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kemudian, selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar rumah, menjaga jarak serta segera memeriksakan diri ketika mengetahui telah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif.

Selain mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, dirinya juga memohon doa masyarakat agar dirinya segera sembuh dari Covid-19 sehingga bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.