Sukses

Sudah 655 Orang Pasien COVID-19 di Sumut Sembuh

Jumlah pasien terpapar virus Corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) yang dinyatakan sembuh terus bertambah.

Liputan6.com, Medan - Jumlah pasien terpapar virus Corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) yang dinyatakan sembuh terus bertambah.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut mencatat, hingga Jumat, 17 Juli 2020, pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 655 orang.

"Bertambah lagi sebanyak 21 orang pasien sembuh, hingga total 655 orang," kata Juru Bicara (Jubir) GTPP COVID-19 Sumut, Whiko Irwan, Sabtu (18/7/2020).

Whiko kembali mengingatkan masyarakat, dalam era adaptasi kebiasaan baru saat ini penting untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari, terutama untuk mencari nafkah.

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker atau pelindung wajah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak interaksi 1-2 meter atau menghindari keramaian atau kerumunan orang banyak, sudah menjadi keharusan.

Whiko juga menyampaikan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan keputusan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tanggal 13 Juli 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

"Sebagaimana disampaikan sebelumnya, selain istilah lama, ada beberapa nomenklatur baru yang ditetapkan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istilah Baru

Adapun istilah dan defenisinya yakni Kasus Suspek (sesuai dengan ODP dan PDP ringan-sedang), Kasus Probable (sesuai dengan PDP berat atau meninggal dengan gambaran klinis meyakinkan COVID-19, belum ada hasil pemeriksaan Swab PCR).

Kemudian Kasus Konfirmasi (penderita yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, dan dibuktikan dengan hasil pemeriksaan Swab PCR, bisa dengan simptomatik ataupun asimptomatik). Istilah Kontak Erat (orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19).

Pelaku Perjalanan (orang yang melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional dalam 14 hari terakhir), Discarded (Kasus suspek dengan hasil pemeriksaan swab PCR negatif 2 kali berturut-turut, Kontak Erat yang telah menyelesaikan karantina 14 hari).

Selesai Isolasi (kasus konfirmasi asimptomatik yang selesai isolasi mandiri 10 hari sejak pengambilan specimen swab PCR, Kasus probable/konfirmasi simptomatik dihitung 10 hari sejak onset/serangan ditambah 3 hari waktu tanpa gejala, dan kasus Probable/konfirmasi simptomatik yang di follow up Swab PCR dengan hasil negatif, ditambah 3 hari waktu tanpa gejala).

"Untuk Kasus Kematian menjadi kasus konfirmasi dan Probable yang meninggal dunia," terangnya.

3 dari 3 halaman

Kasus COVID-19

Whiko juga menuturkan kasus COVID-19 di Sumut. Hingga saat ini ada 331 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2.776 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, kemudian 143 orang meninggal dunia, serta 655 orang dinyatakan sembuh.

Kepada daerah kabupaten/kota yang belum didapati pasien positif seperti Nias, Pakpak Bharat, Nias Utara dan Nias Barat, untuk mempertahankan status tersebut.

Demikian pula dengan kabupaten/kota yang sampai dengan Kamis 16 Juli 2020 mencatat penderita COVID-19 positif di bawah 6 orang selama pandemi, antara lain, Labuhan Batu, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Dairi, Mandailing Natal, Nias Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan dan Gunungsitoli.

"Diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran bisa ditekan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.